Kenapa Banyak Link Berita Hoax di Facebook?

Kenapa banyak link hoax di facebook?

Apa itu hoax?

Artinya: tipuan, menipu, bohong, atau kabar burung.
Wikipedia: Hoax merupakan kebohongan yang sengaja disamarkan sebagai kebenaran.
Cambridge Dictionary: Sebuah rencana untuk mengelabuhi seseorang (kata benda), untuk menipu seseorang (kata kerja).
Aminoku.com - Jadi, kebanyakan penyebar berita hoax itu tahu apa yang mereka bagikan hanyalah kebohongan belaka. Selebihnya hanya terpacing atau tertipu berita hoax tersebut. Diperparah dengan netizen atau pembaca yang mempraktekan selective thinking. Mentang-mentang sesuai dengan pemahaman sendiri, terus langsung dipercaya. Tapi, yang saya tahu masyarakat indonesia itu cerdas-cerdas (apakah Anda termasuk?), hal ini dibuktikan dengan berita hoax yang viral hanya berita politik, artis, dan sebagainya. Lebih cerdas lagi jika kita mengetahui tujuan mereka yang membagikan link berita hoax di facebook, karena semakin kita tahu mereka, semakin tidak mempan juga trik mereka kepada kita.

Mana yang hoax dan yang tidak?

Ada dua jenis link yang berada di facebook, link yang dibagikan secara manual dan link yang bersponsor. Keduanya sama-sama memiliki kemungkinan untuk menyebar hoax, tapi tentunya lebih bisa dipercaya yang bersponsor. Sejauh ini kita tetap tidak tahu pasti antara yang hoax dan yang tidak jika itu bukan bidang yang kita kuasai, tapi yang dibahas di artikel ini adalah mengenai link berita di facebook. Pastinya saya memiliki pemahaman yang cukup untuk itu, dan tidak sulit untuk dipahami bagi Anda.

Trik-trik berita hoax dalam mengelabuhi perasaan pembaca?

1.Membuat pembaca suka terhadap berita tersebut
Siapa yang tidak suka jika sosok politik/artis yang kita dukung menjadi sosok yang sempurna? Semuanya pasti suka. Siapa yang suka jika sosok yang kita kagumi dijelek- jelekan oleh orang, pastinya tidak ada. Kedua hal ini malah yang menjadi celah bagi kita untuk disusupi berita hoax. Si pembuat berita akan membuat sesosok yang terlihat sempurna, lalu melebih-lebihkan dengan opini pribadinya. Contoh:
  • Presiden Amerika, Donald Trump menyukai budaya indonesia
  • Artis A memilih presiden A
  • Pendeta masuk islam
Masih banyak, intinya si pembuat berita memanfaatkan perasaan Anda untuk percaya.
2.Membuat pembaca penasaran
Apa yang Anda lakukan jika Anda penasaran? Ya, mencari tahu. Itu juga menjadi cara penyebar hoax dalam menyebarkan beritanya. Yang namanya juga tidak tahu, secara sadar atau tidal kita akan menerima berita tersebut sebagai benar sebelum ada bukti yang menyatakannya salah. Contoh:
  • Si A mati tertabrak mobil
  • Maling ini ternyata
  • Istri artis A ketahuan sama orang ini

Tujuan menyebar berita hoax itu apa?

1.Uang
Uang adalah segala, mungkin ini adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan mereka. Jika berita hoax yang mereka sebar mendapat trafik yang tinggi, maka akan membuat web atau blog mereka banjir kunjungan. Semakin banyak kunjungan maka semakin banyak uang yang mengalir ke kantong mereka.
2.Politik
Kalau tujuannya politik, maka web beritanya cenderung bermodal tinggi. Kecuali kalau blog untuk menjelek-jelekan tokoh politik tertentu.
3.Tidak tahu
Iya, si penyebar berita tidak tahu apa yang mereka sebar. Bisa jadi karena dia juga termasuk korban dalam berita tersebut.
Sekian, dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »