Adakah Penciptaan Dalam Proses Evolusi?

Evolusi dan penciptaan

Artikel ini dibuat karena ada teman facebook saya, yang berpendapat bahwa jika kita menerima proses evolusi, berarti menolak adanya penciptaan. Maaf, saya tidak bertujuan untuk SARA, atau menyinggung hal-hal tertentu yang berkaitan dengan SARA. Saya usahakan dalam artikel ini akan dijelaskan proses evolusi secara logis dan miskonsepsi evolusi yang berkaitan dengan penciptaan.

Proses Evolusi

Sebelum membahas miskonsepsi evolusi yang berkaitan dengan penciptaan, kita pahami dulu apa itu proses evolusi. Perlu diingat juga, bahwa proses evolusi berbeda dengan teori evolusi. Proses evolusi yaitu perubahan pada sifat-sifat terwariskan dalam suatu populasi organisme dari generasi ke generasi. Sedangkan teori evolusi adalah penjelasan mengenai bagaimana proses evolusi tersebut dapat berlangsung.

Baca juga: Benarkah Manusia Berevolusi Dari Monyet?
Mekanisme Singkat Evolusi

Mekanisme evolusi meliputi seleksi alam dan hanyutan genetik. Seleksi alam menyeleksi individu dengan sifat yang menguntungkan, dan memberi peluang besar untuk terus bereproduksi. Sifat menguntungkan ini muncul melalui mutasi gametik. (Akan saya perjelas di lain artikel)

Teori Evolusi

Teori evolusi menjelaskan bahwa semua spesies yang kita ketahui sekarang adalah hasil dari proses evolusi. Proses evolusi meliputi variasi, reroduksi, dan seleksi. Teori evolusi juga menjelaskan bahwa semua spesies memiliki hubungan kekerabatan dengan spesies lain, hal ini terbukti dengan ditemukannya organ spesifik yang dimiliki oleh semua spesies pada suatu kelompok taksonomi. Kita dan ayam adalah kerabat. (Info lengkap teori evolusi, silahkan cari di wikipedia versi inggris)

Lalu, Adakah Penciptaan Dalam Proses Evolusi?

Tidak ada, munculnya spesies baru itu seperti lahirnya bayi atau telur yang menetas, semuanya dapat terjadi secara alami (Sejauh yang kita tahu). Kita juga sering melihat bahwa teori evolusi digunakan untuk membantah penciptaan, seperti yang terjadi pada situs Talk Origins. Hal ini terkesan seperti orang yang menerima teori evolusi adalah mereka yang tidak memiliki kepercayaan akan tuhan. Padahal, teori evolusi itu teori sains, tidak ada kaitannya dengan kepercayaan kita terhadap tuhan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »