Benarkah Anak Indigo Mampu Melihat Hantu?

Hantu

Pernah melihat hantu? Jika pernah, mungkin Anda adalah anak indigo, anak yang memiliki kemampuan khusus. Kemungkinan lain Anda bisa meramalkan masa depan, Anda bisa menjadi sakti, dan tentunya menjadi terlihat spesial karena memiliki kemampuan khusus.

Tapi bukan segudang kemampuan anak indigo yang akan saya bahas, yang akan saya bahas adalah pembuktiannya. Bagaimana jika Anda menemui teman Anda yang mengklaim melihat hantu, lalu teman Anda mendeskripsikan karakteristik hantu tersebut. Kebetulan teman Anda penggemar budaya jepang dan hantu yang dia deskripsikan adalah hantu jepang seperti sadako. Jelas ini adalah hasil imajinasi teman Anda yang mengambil referensi dari budaya jepang.

Ada dua kemungkinan jika ada seseorang mengklaim melihat hantu. Pertama berbohong, kedua yaitu kesalahan. Berikut akan saya perjelas dengan lebih spesifik:

1.Berbohong

Ya, seperti pada judul artikel ini, tentang kemampuan anak indigo. Seseorang yang berbohong tidak pasti memiliki tujuan buruk, bisa baik. Mungkin untuk menghibur orang yang sudah mempercayai dan terlalu berharap dengan kemampuannya. Atau bisa juga untuk mempertahankan posisi sosialnya sebagai seorang yang memiliki kemampuan khusus.

Bagaimana kita menyikapi anak indigo yang suka berbohong seperti ini? Tentu dengan tidak mempercayainya. Karena jika kita mempercayainya, itu bisa memperparah kadaan. Lebih buruk lagi jika kita menyebarkan dan melebih- lebihkannya.

Tapi, yang namanya manusia, kita lebih suka dengan semua hal yang membuat kita nyaman. Jika menjadi anak indigo atau mempercayai anak indigo bisa membuat Anda nyaman, maka teruslah. Resikonya hanya satu, suatu saat mungkin Anda akan bertemu orang yang bisa membantah semua klaim Anda.

2.Kesalahan

Kesalahan penglihatan, kain dikira pocong, burung bersuara dikira suara hantu. Atau delusi, karena anak tersebut sering menonton film horror, dan terlalu takut sampai selalu merasa ada sesuatu yang melihatnya saat di ruangan gelap.

Atau lebih parah, anak tersebut terkena gejala penyakit schizophrenia (umumnya terjadi pada orang yang berusia lanjut). Schizophrenia adalah gangguan mental yang ditAndai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan yang lemah, itulah definisi schizophrenia yang saya kutip dari wikipedia. Cukup berbahaya bukan?

Dalam kasus diatas, mungkin orangnya hanya menceritakan apa yang di alaminya, lalu orang lain yang melabelinya dengan sebutan anak indigo.

Kesimpulan

Anak indigo mampu melihat hantu itu hanya sebatas klaim. Belum ada bukti yang valid untuk membuktikan klaim tersebut. Jadi, tidak ada ketentuan bagi kita untuk menerimanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »