Cara Membuat Kramik Pakai CorelDRAW

Aminoku June 20, 2017
Pada artikel ini kita akan belajar cara mendesain kramik, agar terlihat realistis menggunakan aplikasi CorelDRAW X7. Silahkan buka aplikasi CorelDRAWnya di komputer Anda.

1.Siapkan dua objek

Buat dua objek menggunakan rectangle tool. Ukuran objek pertama harus lebih besar dari objek kedua, karena kita akan memakainya sebagai background. Objek kedua, harus persegi (Tekan CTRL pada saat membuat). Objek pertama kita beri warna ice blue, sedangkan objek kedua, kita beri warna blue.

2.Sesuaikan letak objek

Pindah objek kedua (persegi) ke bagian pojok objek pertama. Lalu duplicate (CTRL + D) objek kedua sampai memenuhi lebar objek pertama.

3.Seleksi semua objek persegi

Seleksi semua objek persegi, agar mudah dalam menjalankan langkah selanjutnya.

4.Duplicate

Saat semua objek sudah kita seleksi, pada langkah ini kita duplicate objek secara bersamaan kearah bawah. Usahakan sampai memenuhi panjang objek pertama (background).

5.Delete objek yang tidak dibutuhkan

Jika ada objek yang keluar garis, silahkan hapus. Kalau bisa, pakai saja cara intersect (lihat langkah ke 7).

6.Buat objek lingkaran

Buat objek lingkaran menggunakan ellipse tool. Ukuran objek lingkaran jangan melebihi objek persegi panjang (background). Letakan objek lingkaran disebelah pojok atas, dan beri warna putih.

7.Intersect

Fungsi intersect adalah untuk mengambil hasil perpotongan antara dua objek. Cara menggunakannya, silahkan klik objek lingkaran (sambil menekan SHIFT) lalu klik objek persegi panjang. Lalu akan muncul icon-icon seperti yang terlihat diatas, dan pilih icon yang sudah saya beri tanda merah.

8.Hasil Perpotongan

Setelah kita gunakan intersect pada objek lingkaran dengan objek background persegi panjang. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas.

9.Pilih objek

Pilih objek hasil perpotongan tadi menggunakan pict tool.

10.To front of page

Buat objek hasil perpotongan tadi agar posisinya menjadi di atas. Caranya klik kanan pada objek, klik order, lalu pilih to front of page.

11.Hasil

Hasilnya kurang lebih akan terlihat sama dengan gambar di atas.

12.Warnai objek

Warnai objek dengan menggunakan warna putih, objek ini nanti yang akan kita gunakan untuk efek cahaya.

13.Transparankan objek

Setelah kita beri warna putih, langkah selanjutnya adalah transparankan objek menggunakan transparency tool.

14.Seleksi

Seleksi semua objek yang sudah kita buat tadi. Langkah terakhir adalah dengan cara menghilangkan outline agar terlihat lebih realistis. Caranya, setelah kita menyeleksi semuanya, kita arahkan kursor pada color pallete yang bertanda x, lalu klik kanan.

15.Hasil

Hasilnya akan terlihat seperti di atas. Anda juga bisa mengedit sekreatif mungkin agar lebih menarik.
Itulah tutorial cara mendesain kramik pakai CorelDRAW X7 dari Aminoku. Sekian, dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »