Perbedaan Antara Kera dan Monyet

perbedaan antara monyet dan kera
Pernah melihat kera? Pasti yang Anda pikirkan adalah hewan yang suka bergelantungan, sambil memakan buah-buahan, kacang-kacangan. Tapi ternyata anggapan itu salah. Kera itu bukan monyet, begitupula sebaliknya. Ada beberapa perbedaan antara kedua hewan ini yang mencolok. Beberapa diantaranya akan dibahas di artikel ini.
sumber: en.wikipedia.org

Monyet

Kita ketahui terlebih dahulu tentang monyet. Monyet sendiri adalah sebutan atau nama untuk kelompok hewan yang memiliki ciri tertentu. Spesies monyet mencapai jumlah 264. Kalau dalam taksonomi, monyet adalah semua hewan primata selain lemur, tarsius, dan kera. Ada dua kategori, monyet dunia lama dan monyet dunia baru.
sumber: en.wikipedia.org

Kera

Kera adalah sebutan untuk semua anggota superfamilia Hominoidea, yang diantaranya ada gibbon, siamang, orangutan, gorila, simpanse, dan manusia. Jadi jika ada teman yang menyebut Anda kera, maka itu benar. Dalam beberapa kasus, kera mampu menggunakan tool seperti kayu untuk mencari rayap.

Perbedaan Antara Keduanya

Mari kita bahas perbedaan mencoloknya. Berikut ini:

1.Adanya Ekor
Monyet memiliki ekor, sedangkan semua kera tidak memiliki ekor (meski punya tulang ekor). Mudahnya, Anda lihat diri Anda sendiri, apakah Anda mempunya ekor? Namun memiliki tulang ekor. Jika benar, maka terapkan dengan hewan primata yang Anda lihat.

2.Kera Lebih Besar
Gelar monyet terbesar dipegang oleh mandrill. Tapi mandrill lebih kecil dari gorilla. Iya, primata terbesar adalah gorilla. Secara keseluruhan monyet juga rata-rata kecil dan imut (iya, imut).

3.Kera Lebih Cerdas
Bukan hal yang aneh, kerabat dari manusia yang secerdas Anda pasti memiliki sedikit kesamaan dalam hal kecerdasan. Khususnya untuk simpanse, gorilla, dan orangutan. Mereka mampu menggunakan tool. Mereka mampu membuat rumah, merebut kekuasaan daerah (simpanse), dan sebagainya.

Ya, hanya ke-3 itu perbedaan yang mencolok yang patut kita pahami sebagai dasar untuk menilai mereka atau menilai diri sendiri.
Sekian, dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »