Evolusi Bukanlah Proses Progresif

Evolusi bukanlah proses progresif

Seringkali saya melihat pertanyaan-pertanyaan mengenai teori evolusi yang berkaitan erat dengan proses progresif. Berikut akan saya rangkum pertanyaan-pertanyaan yang pada dasarnya sama, karena hanya berdasarkah buah hasil dari kesalahan pemahaman yang sama, yaitu mengira proses evolusi adalah proses progresif.

Sebenarnya, apa sih yang dinamakan proses evolusi? Proses evolusi adalah gabungan dari proses mutasi, reproduksi, dan seleksi. Iya, proses evolusi sebenarnya hanyalah akumulasi dari beberapa proses yang benar-benar terjadi dan dapat kita amati.

Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

Kenapa simpanse tidak berevolusi menjadi manusia? Kenapa monyet masih ada? Kenapa monyet tidak secerdas manusia? Kenapa tidak ada hewan yang secerdas manusia?

Pertama, arah percabangan tiap spesies itu berbeda. Arah evolusi makhluk hidup itu ditentukan oleh faktor habitat, faktor ketertarikan sex, faktor geografis, faktor fisik moyang dan faktor dari kemampuan organisme tersebut. Jadi, ada banyak faktor yang menentukan dan harus membutuhkan sekian banyak generasi untuk mengakumulasikan sifat yang sesuai lingkungan.

Kedua, manusia modern atau Homo sapiens adalah satu dari sekian banyak produk (keturunan) percabangan evolusi primata. Jadi, dalam evolusi, tidak ada ketentuan khusus yang mengharuskan satu cabang keturunan untuk meniru cabang keturunan yang lain. Dalam evolusi jika suatu spesies tidak bisa survive dan bereproduksi, maka spesies tersebut akan mengalami kepunahan. Kepunahan adalah hasil akhir dari semua spesies, sedangkan spesies muncul dari proses spesiasi.

Kesimpulan akhir, masing-masing spesies, masing-masing individu punya cara tersendiri untuk tetap survive dan bereproduksi. Analoginya seperti Anda yang tidak bisa menyanyi, apakah Anda akan hidup dengan menjadi artis? Tentu tidak, Anda pasti memiliki cara tersendiri. Sama halnya monyet, simpanse, gorilla, orangutan, dan primata lainnnya. Mereka tidak harus cerdas, untuk bisa bertahan hidup.

Tujuan utama evolusi, yaitu untuk survive, lestari dan beradaptasi terhadap lingkungan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »