Perbedaan Antara Bunglon dan Chameleon

Perbedaan antara bunglon dan chameleon
Sering melihat bunglon? Pernah bertanya atau tidak, kenapa bunglon yang kita jumpai di lingkungan rumah, pekarangan, warna bunglon tersebut cenderung hanya terkesan hijau-coklat saja. Berbeda dengan yang ada di TV, yang biasa kita lihat di film dokumenter.
Ternyata, kedua hewan tersebut memang berbeda. Kalau dalam klasifikasi, bunglon lodok atau surai itu masuk dalam family Agamidae, sedangkan hewan yang kita kira bunglon selama ini malah diklasifikasikan kedalam suborde iguania, family chamaeleonidae.
Baca Juga: Perbedaan Antara Kera Dan Monyet
Dilihat dari klasifikasinya juga sudah berbeda jauh. Tapi kemampuan berubah warnamya itu yang membuat kita bingung.

Bunglon

Source: id.wikipedia.org
Bunglon berkerabat dekat dengan cecak terbang, soa-soa. Bunglon biasanya mampu merubah warna kulitnya dari warna-warna cerah (hijau, abu-abu, kuning) hingga warna yang lebih sedikit gelap. Biasanya sering kita jumpai di pohon-pohon mangga. Sering-seringnya juga buat mainan anak kecil (diikat ekornya). Tidak perlu dideskripsikan, sebenarnya kita juga sudah kenal bunglon surai.

Chameleon

Source: id.wikipedia.org
Chameleon mencakup 202 spesies. Chameleon ini yang sering kita sebut sebagai bunglon, karena kemampuan warnanya memang mencolok. Malahan kemampuan warnanya jauh lebih bervariasi di tiap spesies.

Perbedaan

Setelah mengenal sedikit keduanya, kita akan membahas perbedaannya. Simak berikut:

1.Kemampuan mengubah warna
Keduanya memang bisa berubah warna atau kamuflase. Tapi kemampuan chameleon jauh lebih unggul dan berwarna-warni.

2.Mata
Mata bunglon yang kita kenal itu seperti mata kadal biasa. Sedangkan mata chameleon itu terlihat menonjol dan mampu menggerakkan kedua matanya secara berlawanan.

3.Lidah
Source: en.wikipedia.org
Lidah bunglon yang kita kenal itu tidak bisa menjulur panjang. Sedangkan chameleon malah mampu menggunakan lidahnya untuk menangkap mangsa.

4.Persebaraan geografis
Bunglon surai habitatnya menyebar di asia tenggara, sedangkan chameleon tersebar di afrika, eropa dan sampai asia.

Hanya itu yang bisa saya rangkum, selebihnya silahkan cari info lebih lanjut di youtube, wikipedia, atau menonton film dokumenter.
Sekian, dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »