Perbedaan Antara Macan Tutul dan Jaguar

perbedaan antara jaguar dan macan tutul
Berbicara mengenai macan tutul, mungkin Anda akan teringat hewan berekor mirip kucing yang memiliki corak tutul-tutul pada rambut tubuhnya. Sedangkan saat mendengar kata jaguar, mungkin yang teringat adalah merk mobil. Atau mungkin sudah tahu kalau kedua hewan ini terlihat mirip saat menonton film dokumenter.
Keduanya sama-sama diklasifikasikan kedalam genus panthera. Tidak heran kalau penampilannya hampir mirip. Namun ternyata ada perbedaannya juga, tahu dimana perbedaannya? Dalam artikel ini kita akan membahas sedikit tentang perbedaannya.

Macan Tutul (Leopard)

Source: en.wikipedia.org
Macan tutul juga bisa disebut harimau dahan, diberi nama ini karena kemampuannya memanjat (jaguar juga bisa memanjat). Macan tutul adalah hewan penyendiri, ini juga berlaku pada kebanyakan kucing, seperti harimau, kucing rumah. Sedangkan kucing seperti singa, cheetah, lebih terlihat sosial. Macan Tutul juga ada di jawa, sebab itu kita lebih mengenal macan tutul dibanding jaguar.
Baca juga: Perbedaan Antara Bunglon Dan Chameleon

Jaguar

Source: en.wikipedia.org
Jaguar adalah kucing terbesar di belahan barat, meliputi meksiko utara, amerika tengah, hingga ke paraguay, dan argentina. Jadi, habitat jaguar tidak berdampingan dengan habitat macan tutul, tidak juga berdampingan dengan singa. Jika Anda amati di film dokumenter, sering-sering kalau ada jaguar pasti ada anaconda, piranha, dan alligator.

Perbedaannya

Berikut adalah sedikit tentang perbedaan antara macan tutul dan jaguar:

1.Nama ilmiah
Nama ilmiah jaguar yaitu Panthera onca, sedangkan nama ilmiah macan tutul adalah Panthera pardus. Sama-sama genus panthera,tapi berbeda spesies.

2.Ukuran tubuh
Jaguar sedikit lebih besar dari macan tutul.

3.Habitat
Habitat jaguar di amerika tengah, sedangkan macan tutul berhabitat di asia afrika. Di jawa juga ada.

4.Corak rambut bulu
Corak jaguar itu bukan tutul-tutul melainkan agak kotak. Sedangkan macan tutul terlihat jelas bintik-bintiknya.

Sekian, dan terimakasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »