Perbedaan Antara Kelinci dan Terwelu

Perbedaan antara kelinci dan terwelu
Pernah memelihara kelinci? Atau pernah melihat terwelu? Jika pernah, mungkin Anda juga pernah bertanya, kenapa terwelu dan kelinci terlihat sama namun dikatakan berbeda. Hal ini sudah menjadi pengetahuan umum, tapi kita juga sering gagal dalam melihat perbedaan antara kelinci dan terwelu.
Kelinci umumnya yang sering kita pelihara, sedangkan terwelu itu yang hidup di alam liar. Atau mungkin sama-sama dipelihara, namun terwelu relatif lebih liar.
Perbedaan Antara Kuda Dan Keledai

Kelinci

Kelinci adalah sebagian hewan yang masuk dalam famili Leporidae (sebagiannya lagi adalah terwelu). Kelinci dikenal oleh masyarakat nusantara pada masa kolonial. Umumnya kelinci dijadikan hewan peliharaan dan pedaging. Masa hidup antara 5-10 tahun.

Terwelu

Terwelu bisa disebut juga tegalan. Terwelu dan kelinci juga masuk famili leporidae, namun terwelu lebih spesifik merujuk pada genus Lepus. Terwelu mampu berlari dengan kecepatan 70 km/jam. Berat tubuh 4-5 kg. Telinga terwelu sangat panjang, bahkan jika ditarik mampu lebih panjang dari hidungnya.

Perbedaan Antara Kelinci Dan Terwelu

Berikut adalah perbedaan secara general antara keduanya:

1. Tempat Tinggal
Kelinci tinggal di rumah-rumah, karena mereka dipelihara. Biasanya, kelinci juga membuat lubang. Hal ini berbeda jauh dengan terwelu, karena terwelu hidup di lapangan luas.

2. Anak
Bayi kelinci pertama lahir itu tidak berdaya, sedangkan bayi terwelu lebih cepat berjalan dan mandiri. Pada saat pertama lahir, bayi terwelu juga sudah membuka matanya.

3. Ukuran
Ukuran terwelu lebih besar dari kelinci.

4. Telinga
Telinga terwelu meiliki panjang yang mampu melebihi panjang hidungnya. Sedangkan telinga kelinci cenderung pendek.

Sekian, dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »