Perbedaan Antara Kodok dan Katak

perbedaan antara kodok dan katak
Pernah memegang kodok atau katak? Keduanya adalah hewan amphibi yang sering kita temui di perairan, atau pada saat fase kecebong biasanya berada di sungai-sungai. Saat SD mungkin kita mengira bahwa katak adalah bahasa indonesianya kodok. Tapi ternyata bukan, karena katak dan kodok adalah hewan yang mirip namun berbeda.

Katak
Katak adalah hewan amphibi yang sering kita temui di pohon, sawah dan perairan lainnya. Kadang juga katak dijadikan bahan makanan oleh warga tertentu.

Kodok
Kodok adalah hewan amphibi yang bertubuh gemuk jika dibanding katak. Kodok juga dapat ditemukan bersembunyi di lubang-lubang dekat sungai. Fisik kodok cenderung kasar.

Perbedaan

1. Kulit
Kulit katak jika diraba akan terasa halus, berlendir dan lembab. Sedangkan kodok jika diraba akan terasa kasar, berbintil dan kering.

2. Tungkai
Tungkai katak lebih adaptif untuk melompat, strukturnya lebih panjang dan kuat. Sedangkan kodok, tungkai belakangnya terlihat pendek. Jika melompat, lompatan kodok tidak setinggi katak.

3. Jari
Jika kita melihat struktur jari pada katak, maka yang terlihat adalah bulatan kecil yang berfungsi untuk melekat pada pohon. Sedangkan jari pada kodok lebih berfungsi untuk menggali.

4. Bentuk tubuh
Hampir semua katak pasti memiliki tubuh yang ramping. Sedangkan bentuk tubuh kodok kebanyakan pendek dan gemuk.

Sekian, dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »