Perbedaan Antara Kupu-Kupu dan Ngengat

Perbedaan antara ngengat dan kupu-kupu
Seringkah Anda melihat kupu-kupu? Biasanya kita menemui kupu-kupu di taman, dengan kepakan sayapnya yang begitu indah. Namun pernahkah kita berpikir apa perbedaan kupu-kupu dengan kerabatnya, yaitu ngengat. Yang jika dibandingkan dengan kupu-kupu, ngengat terkesan negatif, kenapa negatif? Karena ngengat biasanya muncul di malam hari.

Kupu-kupu
Hal yang paling kita ketahui dari kupu-kupu adalah bentuknya yang indah yang biasa terlihat di taman. Hewan dari ordo lepidoptera ini juga sering disebut dalam puisi-puisi atau dijadikan motivasi. Sekilas, kita bisa mendapat gambaran yang jelas tentang kupu-kupu.

Ngengat
Ngengat, kita juga sering menjumpai ngengat hinggap di lampu jalan raya atau mengganggu perjalanan kita saat melakukan perjalanan di tengah malam. Meski terlihat berlawanan dengan kupu-kupu, ngengat merupakan kerabat terdekat kupu-kupu. Dalam taksonomi, mereka berbagi ordo yang sama dengan kupu-kupu, yaitu lepidoptera.

Perbedaan
Sayap
Perbedaannya terletak pada saat mereka hinggap. Sayap kupu-kupu tertutup, dan memiliki warna yang mencolok dan indah. Sedangkan sayap ngengat terbuka lebar saat mereka hinggap, memiliki warna yang cenderung abu-abu.

Frenulum
Ngengat memiliki frenulum, yang berfungsi untuk menggabungkan sayap depan dan belakang, sehingga mudah untuk terbang. Sedangkan kupu-kupu tidak memilikinya.

Kepompong
Kepompong ngengat biasanya disertai dengan serat sutra, sedangkan kepompong kupu-kupu lebih rumit dan tidak disertai serat sutera.

Antena
Antena kupu-kupu berbentuk seperti tongkat, sedangkan antena ngengat berbentuk seperti sisir. Dibagian ini bisa terlihat jelas antara ngengat dan kupu-kupu.
Itulah sekilas perbedaan antara kupu-kupu dan ngengat. Dalam beberapa spesies mungkin perbedaan-perbedaan diatas akan mendapat pengecualian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »