Perbedaan Antara Citah dan Macan Tutul

Perbedaan antara citah dan macan tutul

Citah, kucing yang memiliki corak bintik-bintik pada bulu (rambut) badannya. Kalau kita lihat sekilas, maka Citah akan terlihat sangat mirip dengan Macan tutul. Namun ternyata mereka memiliki perbedaan yang lumayan mencolok.

Apalagi jika kita lihat wajah mereka. Macan tutul terlihat gemuk, dan Citah terlihat ramping dengan garis yang melintas dari mata ke mulut.

Perbandingan Taxonomi

CitahMacan Tutul
Kingdom Animalia Animalia
Phylum Chordata Chordata
Class Mammalia Mammalia
Ordo Carnivora Carnivora
Family Felidae Felidae
Genus Acinonyx Panthera
Species A. jubatus P. pardus

Perbandingan Nama

Bahasa Inggris - Indonesia:
Citah = Cheetah, Macan Tutul = Leopard.

Tata Nama Ganda (Binomial nomenclatur):
Macan tutul = P. pardus, sedangkan Citah = A. jubatus. Mereka sama-sama diklasifikasikan ke dalam family felidae, namun berbeda genus.

Perbandingan Morfologi

Bentuk tubuh
Seperti halnya spesies panthera lainnya (Singa, Harimau, Jaguar), Macan tutul memiliki tubuh yang gemuk bertenaga. Sedangkan Citah memiliki tubuh yang ramping dan aerodinamis.

Bentuk cakar
Cakar macan tutul bisa ditarik ke dalam layaknya singa. Sedangkan citah tidak bisa menarik cakarnya ke dalam.

Corak pada tubuh
Meski sama-sama memiliki pola bintik-bintik. Bintik macan tutul lebih besar (sebagian ada yang kecil). Sedangkan bintik pada Citah cenderung kecil-kecil.

Bentuk wajah
Wajah citah terkesan kecil dan ramping dengan garis hitam di matanya (sampai ke mulut). Sedangkan Macan tutul lebih terlihat besar dan gemuk.

Perbandingan Tingkah Laku

Makanan
Citah memangsa hewan-hewan seperti Antelop. Macan tutul memangsa hewan-hewan seperti monyet. Hal ini disebabkan karena habitat mereka berbeda.

Cara berburu
Macan tutul berburu dengan cara menerkam mangsa. Lain halnya Citah, mereka mengandalkan kecepatan mereka, dan pada saat berburu, Citah menyentuh kaki belakang mangsa agar mangsanya terjatuh.

Perbandingan Habitat

Macan tutul tersebar di berbagai habitat, pada benua Asia-Afrika. Macan tutul juga ada di Indonesia, sedangkan Citah hanya ada di padang rumput Afrika.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »