Perbedaan Antara Macan Tutul dan Harimau

Macan tutul vs Harimau

Saat kecil mungkin kita sering mendengar orang sedang membicarakan macan. Namun hewan apakah yang terlintas dalam pikiran kita? Kalau yang Anda bayangkan adalah hewan dengan pola garis-garis berwana hitam dengan background kuning. Maka Anda sama seperti saya dulu.

Ternyata hewan yang memiliki belang itu adalah harimau. Sedangkan hewan yang memiliki pola tutul-tutul adalah macan (tepatnya macan tutul). Meski hal ini bukan masalah, namun akan menjadi masalah jika kita membicarakan tentang macan, namun yang dimaksud adalah dua hewan yang berbeda.

Perbandingan Taxonomi

Macan TutulHarimau
Kingdom Animalia Animalia
Phylum Chordata Chordata
Class Mammalia Mammalia
Ordo Carnivora Carnivora
Family Felidae Felidae
Genus Panthera Panthera
Species P. pardus P. tigris

Perbandingan Nama

Bahasa Inggris:

Leopard untuk Macan tutul dan Tiger untuk Harimau

Tata Nama Ganda (Binomial nomenclatur):

Harimau = Panthera tigris, sedangkan Macan tutul = Panthera pardus. Macan tutul memiliki lebih dari 30 subspesies, sedangkan Harimau hanya memiliki 6 subspesies.

Perbandingan Morfologi

Berat dan Panjang tubuh

Panjang Macan tutul sekitar 1-2 meter, sedangkan Harimau 2,3-3,3 meter. Dalam hal ini, jelas Harimau yang lebih besar. Harimau sendiri adalah kucing terbesar dan karnivora terbesar ketiga.

Pola Pada Tubuh

Harimau memiliki pola belang-belang. Sedangkan Macan tutul memiliki pola lingkaran-lingkaran kecil.

Perbandingan Tingkah Laku

Makanan

Harimau suka makan yang besar-besar seperti kijang, babi dan kancil. Sedangkan Macan tutul biasanya memangsa monyet, burung, dan hewan yang berukuran sedang lainnya.

Aktivitas

Macan tutul lebih suka tinggal di atas ranting, terlebih karena kemampuannya yang suka memanjat, mereka juga merupakan hewan yang lebih aktif dimalam hari. Sedangkan Harimau, hal yang yang paling terkenal dari mereka adalah kesukaan mereka terhadap berenang.

Perbandingan Habitat

Macan tutul tersebar di Asia dan Afrika. Sedangkan Harimau hanya tersebar di Asia, seperti di indonesia, india, malaysia, dan siberia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »