Perbedaan Antara Singa dan Harimau

Perbedaan antara singa dan harimau

Mungkin kita sangat tahu mengenai perbedaan antara Harimau dan Singa, bahkan hanya dengan sekali lihat, kita bisa membedakan mereka. Namun ternyata ada perbedaan-perbedaan yang lebih detail antara Singa dan Harimau.

Perbandingan Taxonomi

SingaHarimau
Kingdom Animalia Animalia
Phylum Chordata Chordata
Class Mammalia Mammalia
Ordo Carnivora Carnivora
Family Felidae Felidae
Genus Panthera Panthera
Species P. leo P. tigris

Perbandingan Nama

Bahasa Inggris - Indonesia:
Singa = Lion, Harimau = Tiger.

Tata Nama Ganda (Binomial nomenclatur):
Singa = P. leo, Harimau = P. tigris. Meski berbeda, ternyata mereka sama-sama diklasifikasikan ke dalam genus panthera. Mereka juga bisa kawin silang, anaknya adalah Liger dan Tigon. Untuk gambarnya, silahkan search di google.

Perbandingan Morfologi

Bentuk wajah
Sudah jelas, Pejantan Singa terkenal dengan rambut lebat yang tumbuh di tengkuknya. Lalu Harimau terkenal dengan motif belang-belang di sekujur tubuhnya.

Berat dan Panjang tubuh
Panjang Singa jantan mencapai 260-330 cm, panjang Harimau maencapai 260-330 cm. Berat tubuh Singa jantan = 150-250 kg, berat tubuh Harimau = 180-320 kg. Kalau diperbandingkan, maka Harimau lebih besar dari Singa, oleh karena itu Harimau menyandang gelar sebagai kucing terbesar sekaligus karnivora terbesar ketiga.

Perbandingan Tingkah Laku

Makanan
Singa memangsa Zebra, Antelop, dan Kerbau. Sedangkan Harimau memangsa hewan-hewan yang hidup di hutan, seperti babi, dan kadang juga menyerang Manusia.

Aktivitas
Harimau lebih suka hidup sendiri. Sedangkan Singa lebih suka hidup berkelompok.

Air
Seperti Kucing pada umumnya, Singa juga takut pada air dan tidak suka berenang. Berkebalikan dengan Harimau yang sangat suka berenang.

Perbandingan Habitat

Singa tersebar di Afrika dan Bagian kecil di India. Sedangkan Harimau tersebar di Asia, utamanya Asia Tenggara dan India.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »