8 Fakta Unik Tentang Hyrax

Fakta unik hyrax

Hyrax, hewan kecil imut-imut yang diklasifikasikan ke dalam ordo hyracoidea. Warna rambut badannya seperti warna tikus, namun mereka bukan tikus. Hyrax berkerabat dekat dengan gajah dan manate.

Jadi penasaran bukan? Hewan yang kecil semacam hyrax, bisa-bisanya punya kerabat yang besar seperti gajah.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Superordo Afrotheria
Ordo Hyracoidea

8 Fakta unik tentang Hyrax

  1. Hyrax merupakan hewan herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan. Bulu (rambut) mereka terlihat buram dan halus, dengan ekor yang pendek.
  2. Ukuran tubuh hyrax berkisar antara 30 sampai 70 cm, dengan berat tubuh 2 sampai 5 kg.
  3. Ada empat spesies hyrax yang masih ada, yaitu: Procavia capensis, Heterohyrax brucei, Dendrohyrax dorsalis dan D. arboreus.
  4. Mereka semua tersebar di benua Afrika dan timur tengah.
  5. Mereka menggunakan gigi molar di sisi rahang. Mereka juga mempunya dua gigi insisivus atas berukuran besar (mirip dengan gading gajah) yang terus menerus tumbuh seperti gigi hewan pengerat (tikus).
  6. Kaki mereka memiliki bantalan karet dengan banyak kelenjar keringat. Kaki ini berfungsi untuk memperkuat cengkraman pada saat hyrax berada di bebatuan yang tinggi dan curam.
  7. Fungsi ginjal hyrax cukup efisien, yang membuat mereka dapat bertahan di lingkungan yang gersang.
  8. Masa kehamilan hyrax adalah 7 sampai 8 bulan. Hyrax dapat melahirkan sampai 4 ekor anak. Anak mereka disapih setelah satu hingga lima bulan, dan mencapai kematangan seksual pada usia 16 sampai 17 bulan.
  9. Seperti gajah, hyrax telah meratakan kuku di ujung jari mereka, bukan melengkung yang biasanya terlihat di kebanyakan mammalia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »