10 Fakta Unik Tentang Anjing

Fakta unik anjing

Hewan yang pasti kalian kenal, yaitu anjing. Ternyata anjing adalah hewan pertama yang didomestikan oleh manusia sekitar 15000 tahun yang lalu. Hal ini diketahui melalui penemuan fosil dan tes DNA.

Anjing memiliki banyak ras, meliputi pitbull, bulldog, saint bernard dan cihuahua. Yang terakhir itu anjing yang imut-imut.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Canidae
Genus Canis
Species C. lupus
Subspecies C. l. familiaris

10 Fakta unik tentang Anjing

  1. Kinologi, adalah nama pengetahuan yang mempelajari segala hal tentang anjing.
  2. Anjing merupakan hewan sosial, hal ini yang menyebabkan anjing mudah dilatih, diajak bermain dan bahkan diajak jalan-jalan. Kesetiaan mereka terhadap pemiliknya juga merupakan hal yang sangat menarik.
  3. Anjing merupakan subspesies dari serigala. Pada masa Linnaeus, anjing diklasifikasikan kedalam spesies terpisah dari serigala. Istilah anjing juga mengacu pada serigala yang berhasil didomestikasi.
  4. Sebagian besar anjing masih memiliki karakteristik yang diturunkan oleh serigala. Penangkaran selektif berhasil menghasilkan berbagai macam ras anjing dalam berbagai bentuk dan ukuran.
  5. Anjing bisa mendengar suara frekuensi rendah, yaitu antara 16 Hz - 70 KHz. Jumlah lebar pendengaran ini cukup bagus, namun masih kalah dengan pendengaran kucing.
  6. Anjing harus dimotivasi agar dapat bekerja lebih lama, khususnya anjing pelacak.
  7. Beberapa makanan yang dimakan manusia ternyata berbahaya bagi anjing. Seperti coklat, bawang bombay, kismis dan buah anggur.
  8. Anjing juga bisa mati jika tidak sengaja memakan tanaman Digitalis, Convallaria, Bunga mentega, serta tanaman hias genus Consolida dan Delphinium karena sistem kardiovaskuler menjadi terganggu
  9. Penyakit menular yang mudah menyerang anjing di antaranya penyakit rabies, parvovirus, dan distemper. Penyakit bawaan pada anjing yang diturunkan secara genetik di antaranya penyakit HD (kelainan formasi persendian pangkal paha), kelainan sendi lutut (luksasi patelar), hingga epilepsi dan kelainan katup pembuluh darah paru (stenosis pulmoner).
  10. Terdapat lebih dari 800 jenis anjing ras di seluruh dunia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »