9 Fakta Unik Tentang Bonobo

Fakta Unik Bonobo

Bonobo, hewan yang terkenal dengan kesukaannya terhadap sex. Dibandingkan dengan kerabatnya (Pan troglodytes/Simpanse biasa) maka bonobo jagonya dalam hal sex.

Meski hampir mirip dengan simpanse, namun bonobo memiliki karakteristik unik yang membedakan mereka dengan simpanse, seperti yang akan dibahas di artikel ini.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Primata
Familia Hominidae
Genus Pan
Species P. paniscus

9 Fakta unik tentang Bonobo

  1. Bonobo memiliki kaki yang relatif panjang, bibir merah jambu, wajah gelap, rambut panjangnya terbelah dan ekor berjumbai sampai dewasa.
  2. Jumlah bonobo antara 29500-50000, mereka masuk kategori terancam punah.
  3. Umur bonobo di penangkaran bisa sampai 40 tahun, sedangkan umur mereka di alam liar belum diketahui.
  4. Berat bonobo berkisar antara 40-65 kg, dengan panjang tubuh dari hidung ke pantat 70 sampai 83 cm.
  5. Bonobo betina memiliki payudara yang sedikit menonjol. Lebih besar dari kera betina lainnya. Namun tidak sebesar payudara manusia.
  6. Aktivitas sexual pada bonobo sering digunakan untuk ucapan, sarana untuk membentuk ikatan sosial, sarana resolusi konflik. Mereka terkesan hypersex.
  7. Homoseksualitas dan pedofilia juga sering terjadi pada berbagai interaksi antar bonobo.
  8. Makanan mereka adalah buah, madu dan telur. Kadang juga memangsa hewan mamalia kecil.
  9. "Make love, not war" mungkin merupakan ciri khas dari bonobo. Dibandingkan kerabat mereka (simpanse) yang lebih suka berperang atau rebutan wilayah terioriti.
  10. Studi terbaru menunjukkan bahwa ada perbedaan otak yang signifikan antara bonobos dan simpanse. Anatomi otak bonobo memiliki wilayah yang lebih berkembang dan lebih besar. Hal ini dianggap penting untuk merasakan empati, merasakan kesusahan pada orang lain dan merasakan kecemasan, yang membuat mereka kurang agresif dan lebih empatik daripada keluarga dekat mereka (simpanse).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »