8 Fakta Unik Tentang Orangutan Sumatera

Fakta unik orangutan sumatera

"Ambil rambutan, dikejar-kejar sama orangutan..." merupakan salah satu kutipan dari lagu yang dulu populer. Apakah Anda pernah menyanyikannya? Pastinya pernah.

Dalam artikel ini kita akan membahas fakta-fakta unik tentang orangutan. Lebih tepatnya, orangutan sumatera (Pongo abelii), mungkin akan kita bahas spesies lainnya di lain waktu (ikuti saja blog ini).

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Primata
Familia Hominidae
Genus Pongo
Species P. abelii

8 Fakta unik tentang Orangutan Sumatera

  1. Orangutan sumatera hanya ditemui di sumatera utara, jumlah populasinya lebih sedikit daripada orangutan borneo, namun lebih banyak daripada orangutan tapanuli.
  2. Orangutan sumatera jantan berukuran 1,4 m dengan berat badan 90 kg. Sedangkan yang betina, memiliki tinggi 90 cm dengan berat badan mencapai 45 kg.
  3. Jika dibandingkan dengan orangutan borneo, orangutan sumatera memiliki wajah yang lebih panjang dan kurus, serta rambut yang lebih panjang dan lebih pucat.
  4. Makanan kesukaan orangutan sumatera adalah buah ara dan buah nangka, mereka juga memakan telur burung dan serangga kecil.
  5. Orangutan sumatera sering terlihat menggunakan alat berupa tongkat untuk mencari rayap, menyodok sarang lebah, dan kegunaan lainnya.
  6. Orangutan lebih arboreal jika dibandingkan dengan orangutan borneo, hal ini mungkin terjadi karena ada predator seperti harimau sumatera.
  7. Masa kehamilan rata-rata orangutan adalah 9,3 bulan. Hal ini menjadi yang terlama dari kera besar lainnya.
  8. Orangutan sumatera lebih sosial dibandingkan dengan orangutan borneo, mereka hidup bergerombol.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »