9 Fakta Unik Tentang Kangguru

Fakta unik kangguru

Hewan mammalia apa yang suka meloncat-loncat seperti kelinci? Pasti kita akan langsung menjawab kangguru. Ya, hewan dari Australia ini cukup terkenal dengan keunikan akan loncatannya. Keunikan yang lain dari kangguru adalah kantungnya, bahkan hampir semua orang awam jika ditanya "hewan apa yang berkantung?" maka hampir selalu menjawab kangguru.

Dalam artikel ini kita akan mengetahui fakta-fakta unik yang dimiliki kangguru.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
InfraKelas Marsupialia
Ordo Diprotodontia
Familia Macropodidae
Genus Macropus

9 Fakta unik tentang Kangguru

  1. Istilah "kangguru" biasanya digunakan untuk menyebut hewan yang paling besar dalam familia macropodidae. Sedangkan spesies yang terkecil biasanya disebut walabi, lalu yang berukuran sedang adalah wallaroos.
  2. Kangguru memiliki kepala yang relatif kecil dari tubuhnya, kaki belakang yang besar dan kuat, dengan ekor berotot untuk keseimbangan. Bentuk tubuh seperti ini sangat cocok digunakan untuk melompat.
  3. Seperti kebanyakan marsupial lainnya. Kangguru betina memiliki kantong yang disebut marsupium, yang digunakan untuk tempat perkembangan anaknya setelah kelahiran.
  4. Ada empat spesies kangguru, yaitu: Macropus rufus (kangguru merah), Macropus giganteus (kangguru abu-abu timur), Macropus fuliginosus (kangguru abu-abu barat), Macropus antilopinus (kangguru antilopin).
  5. Kangguru merupakan hewan herbivora, jenis makanannya bisa berupa rumput atau semak tergantung spesiesnya.
  6. Kangguru biasanya bergerombol sampai 10 ekor, perilaku sosialnya bisa berupa saling mengendus dan menempelkan hidungnya.
  7. Saat perebutan betina atau akses ke air minum, biasanya terjadi pertarungan antar kangguru jantan.
  8. Kangguru memiliki kemampuan diapause, dimana dia akan membekukan perkembangan embrio (yang sedang dikandung) sampai anak yang berada di kantung mereka sudah cukup umur untuk keluar dari kantung.
  9. Kangguru juga sering menjadi korban tabrakan, bahkan sampai ada tanda "kanggaro crossing" di jalan Australia. Mereka yang terluka karena tertabrak, biasanya akan langsung ditangani, dan jika kangguru betina, maka anak yang ada didalam kantungnya akan diselamatkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »