9 Fakta Unik Tentang Orangutan Borneo

Fakta unik orangutan borneo

Pada artikel ini kita akan membahas spesies kera besar dari kalimantan, yaitu orangutan borneo (Pongo pygmaeus). Bersama dengan dua spesies orangutan yang lain, mereka adalah kera besar yang berasal dari asia. Di kalimantan juga ada kera besar yang lain, namun kera besar tersebut berasal dari afrika. Siapakah kera besar tersebut?
Baca juga: Apa Itu Evolusi?

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Primata
Familia Hominidae
Genus Pongo
Species Pongo pygmaeus

9 Fakta unik tentang Orangutan Borneo

  1. Garis keturunan orangutan borneo berpisah dengan garis keturunan orangutan sumatera sekitar 400 juta tahun yang lalu.
  2. Pada awalnya orangutan borneo dan orangutan sumatera hanya diklasifikasikan sebagai satu spesies. Namun setelah sekuensing DNA mitokondria, pada tahun 1996 mereka dipisahkan kedalam spesies yang berbeda. Pada hari ini, orangutan borneo (Pongo pygmaeus) memiliki 3 subspesies.
  3. Orangutan borneo merupakan spesies terberat ke-3 setelah spesies gorilla barat dan gorilla timur.
  4. Dimorfisme seksual terlihat jelas pada spesies orangutan borneo. Jantan lebih besar, dengan kumis dan jenggot yang panjang, juga terdapat bantalan besar pada pipinya.
  5. Dibandingkan dengan orangutan sumatera, maka orangutan ini jauh lebih soliter dengan 2-3 individu dalam satu kelompok. Meski bukan hewan yang teritorial, orangutan jantan biasanya akan menunjukkan perilaku mengancam saat bertemu dengan orangutan jantan lainnya.
  6. Orangutan borneo lebih banyak berjalan di tanah dibanding kerabatnya di sumatera. Hal ini terjadi karena di kalimantan tidak ada predator terestrial yang bisa mengancam orangutan.
  7. Orangutan borneo juga sering menggunakan alat-alat sederhana dari ranting, daun, dan lainnya.
  8. Orangutan borneo mencapai kematangn seksual pada umur enam sampai sebelas tahun.
  9. Orangutan borneo termasuk spesies yang terancam punah karena habitat mereka kian lama makin berkurang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »