Tidak Semua Reptil Purba Itu Dinosaurus

Dinosaurus dan bukan dinosaurus

Dalam istilah sehari-hari kita sering menyebut hewan reptil purba sebagai dinosaurus. Contohnya saja yaitu pterosaurus, kalau kita tanya "hewan apakah ini?" dan menunjukkan ilustrasi pterosaurus kepada orang awam. Pasti akan mengira bahwa hewan tersebut adalah dinosaurus.

Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua reptil purba itu dinosaurus. Sebagai contoh, Tyranosaurus rex, Diplodocus, dan Spinosaurus merupakan dinosaurus. Sedangkan, Pterosaurus, Icthyosaurus, dan Mosasaurus itu bukanlah dinosaurus.

12 Fakta Unik Tentang Buaya

Hal ini terjadi karena definisi ilmiah dinosaurus (mengacu pada clade dinosauria) hanya mencakup saurischia dan ornithiscia, beserta keturunannya.

Sekarang Anda akan memakai istilah yang mana? Yang umum atau yang ilmiah, pastinya kita akan memilih yang ilmiah. Tapi jika dalam keadaan yang santai, maka sesuaikanlah dengan siapa Anda membahas topik tersebut. Atau bisa juga Anda sekalian memberitahu.

Bahkan jika kita secara konsisten menggunakan definisi ilmiah dari dinosaurus, maka ayam yang Anda pelihara atau bahkan burung yang terbang di atas Anda adalah dinosaurus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »