10 Fakta Unik Tentang Lumba-lumba Berparuh Pendek

Lumba-lumba berparuh pendek

Lumba-lumba umum berparuh pendek dengan nama Delphinus delphis, mungkin nama spesies ini adalah nama yang sering terdapat dalam buku-buku biologi.

Namun ternyata dalam habitat alam liar, spesies ini tidak terdapat di perairan indonesia.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Familia Delphinidae
Genus Delphinus
Species D. delphis

10 Fakta Unik Tentang Lumba-lumba Umum Berparuh Pendek

1. Habitat dan Persebaran

Dibandingkan lumba-lumba lain, lumba-lumba berparuh pendek lebih banyak terdapat di bagian samudera Atlantik dan Samudera Pasifik yang beriklim hangat. Mereka juga tersebar di Laut Karibia dan Laut Tengah, Laut Hitam, Teluk Meksiko, dan Laut Merah.

2. Ukuran Tubuh

Lumba-lumba umum berparuh pendek memiliki tubuh yang sedang, dan lebih kecil dari lumba-lumba hidung botol. Panjang tubuhnya antara lima hingga delapan kaki dengan berat tubuh sekitar 100-136 kg atau 220 - 299 kg. Umunya ukuran jantan lebih panjang dan berat dari betina.

3. Taksonomi

Hingga pertengahan 1990-an, bentuk berbeda dalam Delphinus tidak diakui sebagai spesies terpisah, dan semuanya dianggap sebagai anggota spesies D. delphis dan spesies D. capensis.

4. Perilaku

Lumba-lumba berparuh pendek dapat membentuk kelompok yang memiliki anggota hingga ribuan lumba-lumba berparuh pendek. Bahkan terkadang berasosiasi dengan spesies lain seperti paus pilot.

6 Fakta Unik Tentang Paus Pembunuh Palsu

5. Ciri Khas

Lumba-lumba berparuh pendek dapat berenang hingga kecepatan 60 km/jam. Jika dalam kawanan ada yang sakit, maka lumba-lumba lainnya akan menolong lumba-lumba yang sedang sakit tersebut.

6. Diet

Makanan utama mereka adalah ikan dan cumi-cumi yang hidup pada kedalaman laut kurang dari 200 meter. Tidak hanya itu, mereka juga sering memakan ikan haring, teri, sarden, dan gurita.

7. Kematangan Seksual

Lumba-lumba berparuh pendek betina mencapai kematangan seksual pada saat tubuh mereka mencapai 85% dari ukuran tubuh akhir mereka. Sekitar umur 12 hingga 15 tahun.

8. Masa Gestasi

Masa kehamilan lumba-lumba berparuh pendek adalah 10-11 bulan. Anak yang baru dilahirkan memiliki panjang 70 sampai 100 cm dengan berat hingga 10 kg.

9. Sex Untuk Kesenangan

Beberapa pengamatan menunjukkan lumba-lumba berparuh pendek melakukan sex oral, yang mengindikasikan bahwa mereka melakukan aktifitas seksual untuk kesenangan. Sama seperti manusia dan simpanse.

10. Umur

Maksimal umur dari lumba-lumba berparuh pendek adalah sekitar 35 tahun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »