10 Fakta Unik Tentang Paus Biru

Fakta unik paus biru

Hewan terbesar yang diketahui oleh manusia itu apa yah? Pasti Anda akan menjawab "dinosaurus", namun ternyata jawaban Anda salah. Lalu apa yang benar? Ternyata hewan terbesar di dunia yang diketahui oleh manusia adalah paus biru (dengan nama ilmiah Balaenoptera musculus).

Mengejutkan bukan? Ternyata hewan terbesar di dunia malah masih hidup, walau memang terancam punah.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Cetacea
Familia Balaenopteridae
Genus Balaenoptera
Species B. musculus

Fakta Unik Tentang Paus Biru

1. Panjang dan Berat Paus Biru
Pajang paus biru dapat mencapai 29,9 meter dan dengan berat maksimum tercatat 173 ton.

2. Subspesies Dari Paus Biru
Ada tiga subspesies dari B. musculus yaitu: B. m. musculus (Atlantik Utara dan Pasifik Utara), B. m. brevicauda (Samudra Pasifik Selatan dan Samudra Hindia), dan B. m. indica yang ditemukan di Samudra Hindia.p>

3. Makanan Utama Paus Biru
Makanan utamanya adalah crustacea kecil yang dikenal sebagai krill.

4. Taksonomi dan Evolusi Paus Biru
Paus biru berkerabat dekat dengan paus bungkuk, paus sirip, paus bryde, paus sei, dan paus minke. Keluarga Balaenopteridae telah menyimpang dari keluarga lain (Mysticeti) sekitar 28 juta tahun yang lalu.

5. Kecepatan Paus Biru
Kecepatan paus biru dapat mencapai 50 km/jam, terjadi pada saat berinteraksi dengan paus lainnya. Namun kecepatan normalnya adalah 20 km/jam.

9 Fakta Unik Tentang Kangguru

6. Kedalaman Saat Paus Berenang
Rata-rata penyelaman paus adalah 13 meter di bawah permukaan air, hal ini dilakukan untuk menghilangkan hambatan dari gelombang permukaan. Penyelaman terdalam paus biru yang sudah dikonfirmasi adalah 506 meter dibawah permukaan air.

7. Cara Menimbang Berat Paus Biru
Mereka tidak ditimbang secara keseluruhan, karena ukurannya yang besar. Cara menimbangnya adalah dengan cara dipotong-potong lalu ditumpuk bagiannya.

8. Organ-organ Paus Biru Adalah Yang Terbesar
Tidak bisa dipungkiri, karena tubuhnya yang besar maka organ-organ tubuhnya juga besar. Lidahnya berbobot sekitar 2,7 ton, jantungnya berbobot 180 kg. Meski organ-organnya besar, namun ukuran otaknya hanya sekitar 6,92 kg dengan rasio 0,007% dari berat tubuhnya.

9. Jumlah Makanan Paus Dalam Sehari
Tidak tanggung-tanggung, dalam sehari paus biru dewasa dapat menkonsumsi 40 juta krill/

10. Reproduksi Paus Biru
Masa kehamilan paus biru adalah sekitar 10 - 12 bulan. Anaknya bisa minum hingga 380 - 570 liter susu dalam sehari. Kedewasaan seksualnya biasanya tercapai pada saat umur 5 - 10 tahun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »