10 Fakta Unik Tentang Paus Bungkuk

Fakta unik paus bungkuk

Di film animasi Larva in newyork mungkin kita pernah melihat scene saat larva di tampar oleh seekor paus.

Tahukah kamu bahwa paus yang ada dalam scene tersebut adalah paus bungkuk? Mari kita simak fakta unik paus bungkuk lebih lanjut di artikel ini.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Familia Balaenopteridae
Genus Megaptera
Species M. novaeangliae

10 Fakta Unik Tentang Paus Bungkuk

1. Postur Tubuh

Paus bungkuk dewasa memiliki panjang 12-16 m, dengan berat hingga 36.000 kg. Tubuhnya yang khas memiliki sirip dada yang panjang serta kepala yang kaku.

2. Nanyian Paus Bungkuk Jantan

Paus bungkuk jantan dapat bernyanyi hingga 20 menit. Tujuannya tidak jelas, namun kemungkinan untuk menarik perhatian betina untuk melakukan reproduksi.

3. Habitat

Paus bungkuk mencari makan di perairan kutub, sedangkan jika akan melakukan reproduksi, paus bungkuk bermigrasi ke perairan tropis dan subtropis.

4. Makanan Paus Bungkuk

Makanan paus bungkuk adalah krill dan ikan kecil. Metode makannya juga bervariasi, salah satu yang terkenal adalah teknik gelembung bersih (bubble net).

Ikan Terbesar Adalah Hiu Paus, Bukan Paus

5. Evolusi

Analisis sekuensing DNA mengindikasikan bahwa paus bungkuk lebih berkerabat dekat dengan paus sirip (B. physalus) dan paus abu-abu (Eschrichtius robustus) dibandingkan paus balen lainnya.

6. Anak Paus Bungkuk

Anak yang baru lahir memiliki ukuran kira-kira sebesar kepala ibunya. Anak paus bungkuk menyusu ibunya sampai umur 6 bulan, dengan susu yang memiliki kandungan 50% lemak dan berwarna pink.

7. Sirip Paus Bungkuk

Ukuran sirip paus bungkuk memiliki panjang 1/3 dari panjang tubuhnya. Jika diukur sejara proporsional (ukuran sirip banding ukuran tubuh) maka paus bungkuk merupakan cetacea yang memiliki sirip terpanjang.

8. Reproduksi

Paus bungkuk berkembang biak setiap dua atau tiga tahun dengan masa kehamilan 11,5 bulan.

9. Interaksi Antar Spesies

Paus bungkuk didokumentasikan sering mencampur dengan lumba-lumba hidung botol, paus minke, dan paus sirip. Bahkan beberapa kejadian seperti paus bungkuk yang melindungi spesies lain dari paus pembunuh telah teramati.

10. Suara Paus Bungkuk

Paus bungkuk tidak perlu mengeluarkan nafas untuk bersuara karena mereka tidak memiliki pita suara. Organ yang mereka gunakan untuk menghasilkan suara adalah organ seperti laring, mekanismenya masih belum jelas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »