11 Fakta Unik Tentang Kucing

Fakta unik kucing

Pernah memelihara kucing? Jika sudah pernah, apakah Anda sudah tahu beberapa fakta menarik yang ada pada kucing Anda? Salah satunya adalah kucing ternyata suka malas-malasan.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik kucing.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Felidae
Genus Felis
Species F. catus

11 Fakta Unik Tentang Kucing Rumah

1. Domestikasi Kucing

Diperkirakan, kucing pertama yang didomestikasi adalah sekitar 6000 tahun sebelum masehi, hal ini diketahui melalui kerangka kucing di pulau siprus.

2. Manfaat Kucing Bagi Manusia

Dahulu orang mesir sangat menyukai kucing dan memanfaatkan kucing untuk menjaga penyimpanan beras dari tikus. Bahkan saat ini kucing menjadi hewan peliharaan yang paling populer.

3. Jumlah Kucing Ras di Dunia

Tahukah kamu, berapa jumlah kucing ras di dunia? Yaitu hanya sekitar 1% dari seluruh jumlah kucing di dunia, meliputi ras persia, siam, manx, dan sphinx. Sisanya adalah kucing biasa.

4. Genus Felis

Kucing yang kita pelihara atau kucing yang biasa kita temui di perumahan adalah spesies Felis catus yang merupakan spesies dari genus Felis. Genus Felis mencakup 7 spesies, salah satunya adalah kucing hutan (Felis silvestris). Diperkirakan moyang bersama semua keturunan felis hidup sekitar 6-7 juta tahun yang lalu di Asia.

9 Fakta Unik Tentang Citah

5. Hubungannya F. catus dan F. silvetris

Bentuk dan perilaku kucing rumah itu tidak terlalu berbeda dengan kucing hutan, jadi penjinakkan kucing tidak membuat kucing rumah terlalu berbeda dengan kucing liar. Hal ini berbeda dengan anjing dan serigala, yang perilaku dan sifatnya relatif berbeda.

6. Bahayanya Kucing

Kucing rumah mampu memangsa ribuan spesies, padahal kucing besar seperti singa hanya memangsa kurang dari 100 spesies. Namun ukurannya yang kecil dan sifat jinaknya membuat kucing tidak berbahaya bagi manusia. Namun infeksi rabies juga bisa menjadi satu-satunya bahaya dari kucing.

7. Alasan Kucing Suka Tikus

Moyang kucing adalah carnivora yang hidup di iklim gurun, berdampingan dengan moyang tikus. Bahkan kucing memiliki perilaku yang mirip dengan hewan gurun, seperti suka suasana hangat, tidak tahan terhadap hujan, kabut dan salju.

8. Masa Kehamilan (gestasi) Kucing

Masa kehamilannya adalah 63 hari atau sekitar 2 bulan lebih. Anak yang dikandungnya bisa mencapai empat ekor. Setelahnya, anak kucing dilahirkan dengan mata tertutup, dan membuka pada usia 8-10 hari.

9. Usia Kucing

Kematangan seksual kucing bisa dicapai pada usia 10-12 bulan. Usia kucing rata-rata 15-20 tahun. Kucing yang menyandang gelar "kucing tertua" adalah Creme Puff, degan usia 38 tahun.

10. Mata Kucing Menyala

Yang membuat mata kucing menyala dalam gelap adalah keberadaan organ bernama tapetum lucidum di matanya, organ ini yang membuat mata kucing berwarna saat di foto.

11. Cara Kucing Menghemat Energi

Kucing biasanya tidur sekitar 13-14 jam per hari, bahkan ada yang sampai 20 jam, hal ini dilakukan kucing untuk menghemat energi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »