21 Fakta Unik Paus Pilot Bersirip Panjang

Paus pilot bersirip panjang

Paus Pilot Bersirip Panjang / Long-finned pilot whale (Globicephala melas)

Kalau Anda sudah baca artikel tentang paus pilot bersirip pendek di blog ini, pasti langsung tahu perbedaannya dengan paus pilot bersirip panjang yang akan kita bahas. Bentuk morfologi keduanya hampir sama, yang terlihat jelas berbeda adalah panjang sirip mereka, dan sirip dorsal paus pilot bersirip panjang lebih mengarah ke atas.

1. Spesies paus pilot bersirip panjang diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mammalia, ordo artiodactyla, infraordo cetacea, familia delphinidae dan genus Globicephala.

2. Paus pilot bersirip panjang memiliki dua subspesies, yaitu G. m. melas dan G. m. edwardii

3. Nama "pilot" berasal dari anggapan awal bahwa ada pemimpin yang mengendalikan kawanan paus ini.

4. Julukan untuk paus pilot bersirip panjang adalah paus pothead, karena mirip panci hitam. Julukan ini dipakai pada beberapa tempat.

5. Julukan "blackfish" adalah julukan umum untuk beberapa spesies cetacea seperti paus pilot bersirip pendek, paus orca, paus pembunuh palsu, paus pembunuh kerdil dan paus berkepala melon.

6. Nama binomial awal spesies ini adalah Delphinus melas namun diganti menjadi Globicephala melena. Kemudian pada tahun 1986, nama spesiesnya dikembalikan menjadi melas.

7. Paus pilot bersirip panjang jantan memiliki panjang sekitar 6,7 meter. Sedangkan yang betina hanya mencapai panjang 5,7 meter.

8. Berat paus pilot bersirip panjang yang jantan adalah 2.300 kg dan yang bentina berkisar antara 1.300 kg.

9. Seperti kerabatnya dan paus orca. Paus pilot bersirip panjang juga sebenarnya adalah lumba-lumba osean, bukan paus. Namun perilakunya memang lebih mirip paus.

10. Persebaran habitat paus pilot bersirip panjang dan paus bersirip pendek saling tumpang tindih, hal ini menyebabkan sulit dibedakan. Karena perbedaan mereka hanya pada panjang sirip dan jumlah gigi.

Baca juga: 9 Fakta Unik Tentang Paus Pembunuh

11. Paus pilot bersirip panjang memiliki neuron neokorteks yang lebih banyak dibandingkan mamalia yang sudah dipelajari, bahkan lebih banyak dari manusia.

12. Paus pilot bersirip panjang juga sering terlihat membentuk kelompok yang terdiri dari puluhan individu, bahkan bisa mencapai 1000 individu.

13. Makanan utama mereka adalah hewan cephalopoda, terutama cumi-cumi. Namun kadang juga memakan ikan.

14. Paus pilot bersirip panjang juga sering dilaporkan terdampar dalam jumlah besar. Sebab yang pasti terdamparnya mereka belum diketahui.

15. Paus ini juga mengasuh anak paus pilot yang bukan anak mereka, dan kebanyakan yang melakukan pengasuhan adalah paus pilot sirip panjang jantan.

16. Paus pilot bersirip panjang juga bisa melakukan ekolokasi, seperti kebanyakan lumba-lumba lainnya.

17. Kematangan seksual betina dari spesies ini adalah sekitar 8 tahun, dan jantan mengalami kematangan seksual pada umur 12 tahun.

18. Masa gestasi paus pilot bersirip panjang adalah sekitar 12 hingga 16 bulan.

19. Anak paus pilot bersirip panjang yang baru lahir memiliki berat sekitar 75 kg dengan panjang tubuh antara 1,6 sampai 2,0 meter.

20. Paus pilot bersirip panjang memiliki parasit yang mendiami penisnya, yaitu: Crassicauda carbonelli (spesies nematoda).

Baca juga: 6 Fakta Unik Tentang Paus Pembunuh Palsu

21. Atlantik utara dihuni oleh subspesies G. m. melas dan bumi bagian selatan dihuni oleh subspesiesG. m. edwardii.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »