23 Fakta Unik Paus Pilot Bersirip Pendek

Paus pilot bersirip pendek

Paus Pilot Bersirip Pendek / Short-finned pilot whale (Globicephala macrorhynchus)

Salah satu paus bergigi yang bentuknya kekar ini ternyata memiliki keunikan tersendiri dibandingkan paus bergigi lainnya. Mau tahu? Yuk bahas bersama lebih lanjut.

1. Spesies ini (Paus pilot bersirip pendek) diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mammalia, ordo artiodactyla, infraordo cetacea, familia delphinidae dan genus Globicephala

2. Kerabat terdekat paus pilot bersirip pendek adalah paus pilot bersirip panjang. Keduanya diklasifikasikan kedalam genus yang sama.

3. Meski paus pilot bersirip pendek diklasifikasikan kedalam famili delphinidae (lumba-lumba oseanik) namun perilakunya lebih mirip paus yang lebih besar.

4. Paus pilot bersirip pendek sering dikelirukan dengan paus pilot bersirip panjang. Namun keduanya dapat dibedakan dengan ukuran siripnya, serta keberadaan gigi yang lebih sedikit pada paus pilot bersirip pendek.

5. Kepala paus ini cenderung bulat dan akan terlihat jelas pada saat tua.

6. Bentuk tubuh paus pilot bersirip pendek yang masih muda memiliki bentuk yang langsing dan ideal sedangkan yang sudah tua lebih terlihat berotot.

7. Bagian bawah paus ini berwarna putih serta punggung yang gelap.

8. Sirip tungkai berbentuk lancip sedangkan sirip dorsal cenderung mengarah ke tubuh.

9. Paus pilot bersirip pendek jantan memiliki panjang 5,5 meter sedangkan yang betina memiliki panjang hanya mencapai 3,7 meter.

10. Berat paus pilot bersirip pendek yang jantan adalah sekitar 1000 sampai 3000 kg.

Baca juga: Perbedaan Antara Orca dan Pseudorca

11. Anak paus ini yang baru lahir memiliki berat sekitar 60 kg.

12. Umur rata-rata paus bersirip pendek adalah sekitar 45 tahun. Sedangkan yang betina malah bisa sampai 60 tahun.

13. Paus pilot bersirip pendek juga mengalami menopause layaknya manusia.

14. Paus ini sering terlihat bergelombol, pada tiap gerombolan dapat mencapai 30 individu dan ada yang mencapai 50 individu.

15. Paus pilot bersirip pendek ini juga akan merawat anak yang bukan anaknya. Hal ini memang sudah sering terdokumentasikan.

16. Paus ini jarang terlihat melompat di atas air, namun hanya menciprat-cipratkan air dengan ekornya.

17. Betina yang sudah berumur 10 tahun dapat mulai mengandung anak, dan akan terjadi pada tiap lima sampai delapan tahun.

18. Seekor betina dapat menyusui anaknya hingga anaknya berumur 15 tahun, asalkan itu adalah anak terakhirnya.

19. Makanan utama paus pilot bersirip pendek ini adalah cumi-cumi, ikan serta gurita.

20. Paus pilot bersirip pendek juga dikabarkan menyerang paus sperma dan lumba-lumba. Hal ini menyebabkan hewan mamalia laut juga bisa dijadikan makanannya.

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Paus Bungkuk

21. Paus pilot bersirip pendek juga dikenal sebagai "citah dari kedalaman", karena cara mereka memangsa cumi-cumi dengan kecepatan yang gesit.

22. Paus ini memiliki persebaran yang hampir ditemukan di seluruh dunia, terutama perairan tropis yang hangat. Namun cenderung ditemukan di perairan yang lebih dalam dengan populasi cumi-cumi yang tinggi.

23. Di jepang, paus pilot bersirip ini sering diburu untuk dijadikan masakan yang enak, masakan tersebut dijual di restoran-restoran jepang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »