6 Fakta Unik Tentang Lumba-lumba Berparuh Panjang

Lumba-lumba berparuh panjang

Setelah minggu lalu kita membahas mengenai fakta unik tentang lumba-lumba berparuh pendek, maka dalam artikel ini kita akan membahas berbagai fakta unik tentang lumba-lumba berparuh panjang.

Perbedaan yang menonjol antara keduanya adalah panjang paruh mereka. Spesies ini juga terdapat di perairan antara malaysia dan sumatera.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Familia Delphinidae
Genus Delphinus
Species D. capensis

6 Fakta Unik Tentang Lumba-lumba Berparuh Panjang

1. Habitat

Habitat dan persebaran lumba-lumba berparuh panjang lebih sempit dibandingkan dengan persebaran lumba-lumba berparuh pendek. Habitatnya berada di bagian barat dan selatan Afrika, sebagian besar Amerika Selatan bagian barat, California tengah ke Meksiko, Peru, sekitar Jepang, Korea dan Taiwan.

2. Ukuran Tubuh

Lumba-lumba berparuh panjang memiliki panjang tubuh rata-rata 1,9 m dan 2,5 m. Dengan berat tubuh hingga mencapai berat 235 kg. Spesies ini juga mengalami dimorfisme seksual, dengan jantan lebih besar dari betina.

3. Subspesies

Spesies ini memiliki dua subspesies yaitu D. c. capensis dan D. c. tropicalis (Subspesies yang berada di Indo-pasifik).

6 Fakta Unik Tentang Paus Pembunuh Palsu

4. Kawanan

Seperti halnya lumba-lumba berparuh pendek, spesies ini juga dapat membentuk kelompok hingga ribuan anggota.

5. Diet

Lumba-lumba berparuh panjang memiliki beragam makanan seperti ikan kecil, ikan sarden, teri, mackerel, dan lain-lainnya. Dalam mencari makan, lumba-lumba berparuh panjang dapat menyelam hingga kedalaman 280 m dan dapat menahan napas hingga 8 menit.

6. Masa Kehamilan

Lumba-lumba berparuh panjang memiliki masa kehamilan hingga 10 bulan. Anak yang baru dilahirkan dapat mencapai 100 cm dengan 10 kg.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »