6 Fakta Unik Tentang Orangutan Tapanuli

Fakta unik orangutan tapanuli

Orangutan tapanuli, spesies orangutan yang baru diketahui pada tahun 2017.

Dan berikut adalah fakta-fakta unik tentang orangutan tapanuli.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Primata
Familia Hominidae
Genus Pongo
Species P. tapanuliensis

6 Fakta Unik Tentang Orangutan Tapanuli

1. Habitat Orangutan Tapanuli

Orangutan tapanuli adalah spesies khas dari Tapanuli Selatan, Pulau Sumatera. Habitatnya berada di hutan-hutan tropis dan subtropis daerah tersebut.

2. Identifikasi Spesies Tapanuli

Pada tahun 2017, orangutan tapanuli diidentifikasikan sebagai spesies yang berbeda. Hal ini didasarkan pada penelitian filogenetik 2017 yang menganalisis sampel genetik dari 37 orangutan liar yang mewakili semua populasi orangutan dari sumatera sampai kalimantan.

9 Fakta Unik Tentang Orangutan Borneo

3. Perbandingan Genetik Orangutan Tapanuli

Perbandingan genetik menunjukkan bahwa orangutan tapanuli memiliki leluhur bersama dengan orangutan sumatera sekitar 3,4 juta tahun yang lalu. Sedangkan dengan orangutan borneo (kalimantan), orangutan tapanuli memiliki nenek moyang bersama sekitar 674.000 tahun yang lalu. Jadi, meski sama-sama di sumatera, orangutan tapanuli lebih berkerabat dekat dengan orangutan borneo, daripada orangutan sumatera.

4. Teriakan Orangutan Tapanuli

Teriakan jarak jauh dari orangutan tapanuli lebih memiliki frekuensi yang tinggi dibanding orangutan sumatera, dan berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan orangutan borneo.

5. Jumlah Orangutan Tapanuli

Jumlah individunya kurang lebih 800, dengan luas penyebaran hanya 1000 km2. Karena itulah orangutan tapanuli termasuk kera besar yang paling langka.

6. Ancaman Orangutan Tapanuli

Ancaman terhadap spesies ini meliputi perburuan liar, konflik dengan manusia, perdagangan satwa liar dan penebangan hutan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »