7 Fakta Unik Tentang Kerbau

Fakta unik kerbau

Kerbau, hewan yang sering dimanfaatkan untuk membajak sawah oleh kita, serta dimanfaatkan dagingnya untuk kita konsumsi.

Meski kita sudah tahu hal itu, apakah Anda sudah mengetahui beberapa fakta kerbau yang unik dalam artikel ini? Mari kita simak bersama.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Familia Bovidae
Genus Bubalus
Species B. bubalis

7 Fakta Unik Tentang Kerbau

1. Subspesies Dari Kerbau

Spesies kerbau (Bubalus bubalis) memiliki tiga subspesies. Yaitu: Kerbau liar (B. b. arnee), kerbau sungai (B. b. bubalis) dan terakhir adalah kerbau rawa (B. b. carabauesis). Kerbau sungai berasal dari Asia Selatan, sedangkan kerbau rawa berasal dari asia tenggara.

2. Genom Kerbau

Kerbau rawa (B. b. carabauesis) hanya memiliki 24 pasang kromosom sedangkan kerbau sungai (B. b. bubalis) memiliki 25 pasang kromosom, namun kedua sub spesies tersebut dapat kawin silang dan menghasilkan keturunan fertil.

3. Manfaat Kerbau Bagi Manusia

Dari sisi ekonomi, manfaat kerbau sangat banyak, mulai dari daging, susu, dan kulitnya. Susu kerbau digunakan untuk pembuatan keju Mozzarella sedangkan kulit kerbau biasanya digunakan untuk pembuatan sepatu, wayang kulit, dan helm sepeda motor.

Ikan Terbesar Adalah Hiu Paus, Bukan Paus

4. Populasi Terbanyak Kerbau

Populasi kerbau terbanyak adalah di asia, bahkan hampir 95% dari jumlah populasi kerbau di dunia berada di asia.

5. Kerbau Liar

Kerbau liar dapat ditemukan di India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, Bhutan dan Thailand. Kerbau liar memiliki tanduk yang dapat mencapai panjang satu meter, hal ini yang membuat kerbau liar jarang dimangsa oleh hewan predator.

6. Populasi Kerbau Liar Yang Masih Ada

Diperkirakan jumlah populasi kerbau liar mencapai 4000, meski populasi kerbau liar mungkin sudah tidak ada lagi di alam liar.

7. Hiasan Dari Tanduk Kerbau

Di beberapa suku nusantara, tanduk kerbau juga biasanya digunakan untuk hiasan. Tidak hanya itu, tanduk kerbau juga dimanfaatkan untuk membuat kerajinan seperti penggaruk, hulu keris, wayang kulit, dan pipa rokok.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »