7 Fakta Unik Tentang Kunang-kunang

Fakta unik kunang kunang

Kelap kelip di malam hari, itulah hal yang mungkin pertama kali kita bayangkan saat mendengar kalimat "kunang-kunang".

Dalam artikel ini kita akan membahas fakta-fakta unik tentang kunang-kunang.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Arthropoda
Kelas Insecta
Ordo Coleoptera
Familia Lampyridae

7 Fakta Unik Tentang Kunang-kunang

1. Cahaya Kunang-kunang

Cahaya yang dikeluarkan kunang-kunang memiliki panjang gelombang 510-670 nanometer. Dengan efisiensi sinar mencapai 96%.

2. Fungsi Cahaya Kunang-kunang

Kunang-kunang menggunakan cahayanya untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kawin. Beberapa spesies menggunakan cahayanya untuk memburu mangsa, seperti kunang-kunang dari genus Photuris, yang meniru kerlipan sinyal cahaya kunang-kunang spesies lain untuk memangsa pejantan yang tertarik pada sinarnya.

3. Makanan Kunang-kunang

Kunang-kunang biasanya memakan cairan tumbuhan, siput kecil, cacing, maupun serangga lain.

4. Cara Membedakan Spesies Kunang-kunang

Cahaya kunang-kunang yang berbeda spesies memiliki warna, intensitas dan kekuatan khas yang berbeda pula. Hal ini dijadikan oleh peneliti untuk membedakan tiap spesies.

9 Fakta Unik Tentang Citah

5. Memakan Pasangan

Kunang-kunang betina juga memakan pasangannya setelah melakukan sex, hal ini juga umum terjadi pada serangga seperti belalang sembah atau laba-laba black widow.

6. Masa Hidup Kunang-kunang

Telur kunang-kunang membutuhkan waktu 30 hari untuk menetas, lalu muncul larva dengan bentuk pipih dan rahang kuat, serta pancaran cahaya. Larva kunang-kunang membutuhkan waktu 1 tahun lebih untuk menjadi kepompong. Sedangkan masa kepompong sekitar satu minggu, dilanjut dengan masa dewasa yang hanya berlangsung1-2 minggu.

7. Telur Kunang-kunang

Kunang-kunang dapat bertelur 100 hingga 500 butir. Telurnya diletakkan di tanah, ranting, rumput, atau di tempat yang berlumut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »