8 Fakta Unik Tentang Lumba-lumba Hektor

Setelah beberapa hari yang lalu kita sudah membahas beberapa spesies dari genus Cephalorhynchus, seperti lumba-lumba komandan, lumba-lumba chili dan lumba-lumba heaviside.

Maka dalam artikel ini kita akan membahas spesies yang paling terkenal dari genus tersebut, sekaligus spesies khas selandia baru.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Artiodactyla
Familia Delphinidae
Genus Cephalorhynchus
Species C. hectori

8 Fakta Unik Tentang Lumba-lumba Hektor

1. Subspesies

Lumba-lumba hektor memiliki dua subspesies yaitu: C. h. hectori dan C. h. maui. Keduanya adalah spesies endemik dari selandia baru.

2. Habitat

Subspesies hektori berada di pulau selatan, dengan jumlah populasi yang tinggi. Sedangkan subspesies maui berada di pulau utara, dan sayangnya subspesies ini memiliki jumlah yang sedikit (terancam punah).

3. Paling Langka dan Terkecil

Lumba-lumba hektor merupakan lumba-lumba terlangka sekaligus terkecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 1,2-1,6 meter dengan berat 40-60 kg.

9 Fakta Unik Tentang Paus Pembunuh

4. Dimorfisme

Spesies ini mengalami dimorfisme seksual, dengan lumba-lumba betina yang sedikit lebih panjang dan lebih berat dari lumba-lumba jantan.

5. Jumlah

Perkiraan jumlah terbaru yang dilakukan oleh kementerian untuk industri primer adalah sekitar 15.000 ekor dan hampir dua kali lipat dari perkiraan jumlah sebelumnya.

6. Populasi

Kawanan lumba-lumba ini sering terlihat dalam kelompok yang semuanya laki-laki atau yang semuanya perempuan. Selama musim panas, suatu kelompok lumba-lumba hanya akan tinggal di lokasi pantai tertentu. Hal ini mengakibatkan terhambatnya aliran gen.

7. Umur dan Kematangan Sexual

Umur lumba-lumba hektor hanya mencapai 23 tahun. Kematangan seksual pada lumba-lumba jantan itu sekitar lima sampai sembilan tahun, sedangkan yang betina mencapai kematangan seksual pada umur tujuh sampai sembilan tahun.

8. Predator Alami

Lumba-lumba hektor memiliki predator alami, yaitu ikan hiu dan paus pembunuh (orca).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »