9 Fakta Unik Tentang Citah

Fakta unik citah

Tahukah kamu hewan apa yang tercepat di darat? Jawabannya adalah citah/cheetah. Citah dapat berlari dengan kecepatan 110 km/jam. Sangat cepat bukan?

Dalam artikel ini kita akan membahas fakta-fakta unik tentang citah lebih lanjut dan detail.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Carnivora
Familia Felidae
Genus Acinonyx
Species A. jubatus

9 Fakta Unik Tentang Citah

1. Habitat Citah
Habitat citah berada di Afrika Timur, Afrika Selatan, Afrika Utara dan beberapa daerah di iran. Mereka menghuni kawasan hutan kering, hutan semak belukar dan savana.

2. Postur Tubuh
Citah memiliki tubuh yang ramping, kepala bulat kecil, garis seperti air mata hitam di wajah, kaki tipis panjang dan ekor berbintik panjang. Panjang kepala-badan berkisar 112-150 cm dengan berat 21-72 kg.

3. Hewan Tercepat Di Darat
Citah merupakan hewan tercepat di darat. Citah dapat berlari dengan kecepatan mencapai 110 km/jam.

4. Mangsa Citah
Mangsa utama citah adalah antelop dan kijang. Citah memburu mangsanya dengan memberi sentuhan kecil pada kaki belakang mangsa pada saat mangsa berlari dengan kecepatan tinggi.

5. Reproduksi Citah
Citah berkembang biak hampir sepanjang tahun. Masa kehamilan citah adalah tiga bulan, dan melahirkan tiga sampai enam ekor. Citah menyapih anaknya pada saat umur enam bulan. Namun tingkat kematian yang akan dihadapi anak citah lebih tinggi daripada mammalia lainnya.

6. Taksonomi dan Evolusi Citah
jubatus merupakan satu-satunya spesies dari genus Acinonyx. Citah berkerabat dekat dengan Puma concolor (Cougar) dan Herpailurus yagouaroundi (jaguarundi). Bersama dengan kerabatnya membentuk garis keturunan puma. Meski citah adalah kucing dunia lama, bukti molekuler menunjukkan bahwa tiga spesies garis keturunan puma berevolusi di Amerika Utara, dua hingga tiga juta tahun yang lalu.

Apa Itu Evolusi?

7. Genetika Citah
Citah memiliki 38 kromosom diploid, sama seperti pada kebanyakan felidae (kucing) lain. Citah memiliki variabilitas genetik yang rendah dibandingkan felidae lainnya, yang mengakibatkan individu menunjukkan kesamaan genetik yang cukup besar satu sama lain.

8. Cakar Citah
Citah memiliki cakar yang non-retractable, atau tidak bisa ditarik kedalam layaknya singa dan kucing.

9. Perilaku Citah
Citah adalah hewan diurnal (aktif pada siang hari), sedangkan macan tutul, harimau, dan singa bersifat nokturnal. Berburu merupakan kegiatan sehari-hari citah. Citah juga merupakan satu-satunya kucing yang suka berteman, selain singa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »