9 Fakta Unik Tentang Gajah Hutan Afrika

Fakta unik gajah hutan afrika

Gajah apa yang terkecil diantara ketiga spesies gajah yang masih hidup?

Jawabannya adalah gajah hutan afrika. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai fakta-fakta unik gajah hutan afrika.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Primata
Familia Elephantidae
Genus Loxodonta
Species L. cyclotis

9 Fakta Unik Tentang Gajah Hutan Afrika

1. Populasi Dan Habitat Gajah Hutan Afrika

Habitat gajah hutan afrika terdapat di Lembah Kongo. Jumlah populasinya sekitar 100.000 individu yang kebanyakan tinggal di hutan Gabon.

2. Evolusi Gajah Hutan Afrika

Dalam sebuah studi genetik tahun 2010 mengindikasikan bahwa gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda dengan gajah semak afrika. Diperkirakan kedua spesies tersebut terpisah sekitar 2-6 juta tahun yang lalu sama seperti gajah asia dan mamooth.

3. Kekerabatan

Analisis sekuens DNA pada tahun 2016 menunjukkan bahwa L. cyclotis lebih berkerabat dekat dengan gajah eropa yang sudah punah (Palaeoloxodon antiquus) daripada dengan L. africana.

4. Karakteristik Khas Dari Gajah Hutan Afrika

Ukuran gajah hutan afrika lebih kecil daripada gajah semak afrika, bahkan lebih kecil dari gajah asia. Kaki depan gajah hutan afrika memiliki lima kuku dan kaki belakang dengan empat kuku. Hal ini mirip dengan gajah asia namun berbeda dengan gajah semak afrika.

Perbedaan Antara Gajah Asia dan Gajah Afrika

5. Ukuran Gajah Hutan Afrika

Gajah hutan afrika memiliki tinggi kurang dari 2,5 meter dengan berat hanya sekitar 2,5 ton. Hal inilah yang membuat gajah hutan afrika disebut sebagai gajah terkecil.

6. Kulit Gajah Hutan Afrika

Karena gajah hutan afrika hidup di daerah yang suhunya bisa mencapai 49 derajat celcius pada siang hari, kulit gajah hutan afrika secara signifikan lebih keriput daripada gajah asia.

7. Gading Gajah Hutan Afrika

Dibandingkan dengan gading gajah semak afrika maka gading gajah hutan afrika lebih panjang dan lebih sempit. Gadingnya lebih lurus dan mengarah ke bawah, tidak seperti gajah savana yang memiliki gading melengkung. Gading gajah hutan memiliki panjang hingga 1,5 meter dan memiliki beban sampai 45 kg.

8. Telinga Gajah Hutan Afrika

Gajah hutan afrika memiliki telinga yang lebih kecil dan bundar jika dibandingkan dengan gajah semak afrika. Telinga berfungsi sebagai sistem pendingin, hanya dengan cara mengepakkan kedua telinganya.

9. Perilaku Gajah Hutan Afrika

Tidak seperti kerabatnya, gajah semak afrika. Gajah hutan afrika biasanya tidak berinteraksi dengan kelompok keluarga lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »