9 Fakta Unik Tentang Gajah Semak Afrika

Fakta unik gajah semak afrika

Hewan darat apa yang terbesar?

Jawabannya adalah gajah semak afrika, dan dibawah ini beberapa fakta unik tentang gajah semak afrika.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Proboscidea
Familia Elephantidae
Genus Loxodonta
Species L. africana

9 Fakta Unik Tentang Gajah Afrika

1. Nama Lain Dari Gajah Afrika

Gajah afrika sering juga disebut gajah semak afrika, hal ini digunakan untuk membedakan gajah semak afrika dengan gajah hutan afrika. Selain itu, nama yang terkenal adalah gajah savana.

2. Karakteristik Khas Dari Gajah Semak Afrika

Dibandingkan dengan gajah hutan afrika, maka tubuh gajah semak afrika jauh lebih besar. Bahkan gajah semak afrika merupakan gajah sekaligus hewan terestial terbesar yang masih hidup.

3. Populasi

Populasi gajah semak afrika merupakan yang paling besar (dengan jumlah 300.000 individu) diantara ke tiga spesies gajah, namun populasi gajah semak mengalami penurunan karena terus diburu oleh manusia untuk dimanfaatkan dagingnya.

10 Fakta Unik Tentang Anjing

4. Umur Gajah Semak Afrika

Di alam liar, umur gajah semak afrika dapat mencapai 70 tahun, namun dalam penangkaran malah hanya berumur 65 tahun.

5. Ukuran Gajah Semak Afrika

Tinggi gajah semak afrika jantan dapat memiliki tinggi mencapai 3,9 meter dengan berat 10,4 ton. Namun kebanyakan jantan memiliki tinggi rata-rata 3,2 meter dengan berat 6 ton.

6. Masa Gestasi Gajah

Masa kehamilan gajah sekitar 22 bulan, dan mereka melahirkan setiap 5 tahun sekali. Anak yang baru dilahirkan memiliki berat sekitar 90-120 kg dan langsung bisa berjalan (setelah beberapa hari), namun masih tergantung dengan induknya untuk hidup.

7. Gading Gajah Afrika

Tidak seperti gajah asia, gajah semak afrika memiliki gading yang panjang baik yang jantan ataupun yang betina. Gading mereka gunakan untuk berbagai hal selama hidup mereka.

8. Perilaku Gajah Afrika

Dalam tiap kawanan terdapat 6-70 anggota yang berisi betina dengan anak-anaknya, kawanan tersebut dipimpin oleh betina tua (gajah jantan hanya mencampur pada saat reproduksi). Pada saat gajah betina tua mati, kawanan gajah akan berada di sekitarnya untuk beberapa waktu.

9. Habitat

Persebaran habitat gajah semak afrika terdapat di negara-negara seperti kenya, Tanzania, Botswana, Zimbabwe, Namibia, dan Angola.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »