9 Fakta Unik Tentang Paus Pembunuh

Fakta unik paus pembunuh

Pernah mendengar nama "Paus pembunuh", "Paus orca", atau "Killer whale". Ternyata, semua julukan menyeramkan itu mengacu spesies cetacea, yaitu Orcinus orca

Mau tahu Orcinus orca lebih lanjut? Silahkan simak pembahasan berbagai fakta unik tentang orca berikut.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Mammalia
Ordo Cetacea
Familia Delphinidae
Genus Orcinus
Species O. orca

9 Fakta Unik Tentang Paus Pembunuh

1. Mangsa Paus Pembunuh
Paus pembunuh memiliki beragam makanan, beberapa makan secara eksklusif pada ikan, sementara yang lain berburu mamalia laut seperti anjing laut dan lumba-lumba.

2. Paus Pembunuh Adalah Predator Puncak
Di habitatnya tidak ada hewan yang memangsa mereka, karena itulah hewan ini disebut predator puncak.

3. Habitat Paus Pembunuh
Habitatnya tersebar luas di berbagai lingkungan laut, muai dari daerah Artik dan Antartika hingga laut tropis. Namun paus pembunuh tidak ada di laut Baltik dan Laut Hitam.

4. Sifat Sosial Pada Paus Pembunuh
Paus pembunuh dikenal sebagai hewan yang sosial, hal itu terlihat dari teknik mereka dalam berburu mencari mangsa dan perilaku vokal yang canggih.

10 Fakta Unik Tentang Komodo

5. Taksonomi dan Evolusi Paus Pembunuh
Paus pembunuh adalah satu dari 35 spesies dari family Delphinidae yang pertama muncul sekitar 11 juta tahun yang lalu. Meski paus pembunuh memiliki kesamaan morfologi dengan paus pembunuh kerdil, paus pilot dan paus pembunuh palsu, namun sebuah penelitian tentang sekuens gen b sitokrom oleh Richard LeDuc menunjukkan bahwa kerabat terdekatnya adalah lumba-lumba snubfin dari genus Orcaella.

6. Kekerabatan Paus Pembunuh
Paus pembunuh lebih berkerabat dekat dengan lumba-lumba daripada paus balen.

7. Berat dan Panjang Paus pembunuh
Panjang paus pembunuh berkisar antara 6 - 8 meter dengan berat melebihi 6 ton. Namun ukuran betina lebih kecil dengan panjang 5 - 7 meter dengan berat sekitar 3 - 4 ton.

8. Kemampuan Paus Pembunuh
Mereka memiliki penglihatan yang baik di atas dan di bawah air dan pendengaran yang sangat baik. Mereka memiliki kemampuan echolocation yang sangat canggih, mendeteksi lokasi dan karakteristik mangsa dan objek lainnya di lingkungan mereka dengan memancarkan klik dan mendengarkan gema, seperti spesies lumba-lumba lainnya.

9. Reproduksi Paus Pembunuh
Masa puber paus pembunuh betina adalah pada umur 10 tahun dan mengalami menopause pada usia 40 tahun, sedangkan yang jantan pada umur 15 tahun. Lama waktu hamil paus pembunuh adalah 15 - 18 bulan. Biasanya hanya melahirkan satu anak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »