Perbedaan Antara Orca dan Pseudorca

Paus pembunuh dan paus pembunuh palsu

Pernah mendengar orang atau acara TV yang menyebut paus pembunuh palsu? Hewan apa sih itu? Apakah kembarannya paus pembunuh, atau yang pura-pura jadi paus pembunuh.

Ternyata paus pembunuh palsu adalah nama dari spesies paus, yaitu P. crassidens. Dan ini perbedaan antara paus pembunuh palsu dengan paus pembunuh sejati.

Perbandingan Taxonomi

Paus PembunuhPaus Pembunuh Palsu
Kingdom Animalia Animalia
Phylum Chordata Chordata
Class Mammalia Mammalia
Ordo Artiodactyla Artiodactyla
Family Delphinidae Delphinidae
Genus Orcinus Pseudorca
Species O. orca P. crassidens

Perbedaan Nama

Dari namanya sudah jelas beda, Paus orca sering dikenal sebagai "killer whale atau paus pembunuh" sedangkan paus pembunuh palsu adalah nama dari pseudorca.

Perbedaan Morfologi

1. Sirip Punggung

Sirip punggung paus pembunuh lebih hitam dan tinggi dibandingkan paus pembunuh palsu. Sirip paus pembunuh juga terlihat lebih aerodinamis dan gesit jika dibandingkan paus pembunuh palsu.

9 Fakta Unik Tentang Paus Pembunuh

2. Moncong

Moncong paus pembunuh palsu terlihat bulat seperti pesut atau paus beluga. Sedangkan paus pembunuh memiliki moncong yang mengindikasikan sebagai hewan predator dengan gigi yang kuat untuk mencabik.

3. Corak Tubuh

Paus pembunuh memiliki corak mata di kepalanya dengan warna tubuh hitam-putih, warna seperti sangat cocok sebagai adaptasi hidup di laut. Sedangkan paus pembunuh palsu hanya memiliki corak yang halus dengan warna hitam.

Perbedaan Tingkah Laku

1. Hubungan Dengan Spesies Lain

Paus pembunuh palsu sering terlihat akrab dengan lumba-lumba hidung botol, bahkan menghabiskan waktu untuk berburu bersama. Sedangkan Paus pembunuh lebih agresif, beberapa kasus yang terdokumentasi menunjukkan paus pembunuh yang memangsa paus minke, penguin, ikan, dan anjing laut.

Perbedaan Habitat

Persebaran habitat mereka kurang lebih sama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »