11 Fakta Unik Lumba-lumba Guyana

Lumba-lumba guyana

Lumba-lumba Guyana / Guiana dolphin (Sotalia guianensis)

Kerabat terdekat lumba-lumba tusuxi, yaitu lumba-lumba guyana. Nah, lumba-lumba guyana ini yang memiliki habitat di pantai, lumba-lumba ini juga dapat hidup dilingkungan air asin dan air tawar. Kalau istilah "missing link" benar, maka lumba-lumba ini merupakan peralihan dari spesies lumba-lumba air asin ke spesies air tawar.

1. Lumba-lumba guyana diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo artiodactyla, infraordo cetacea, familia delphinidae, dan genus Sotalia.

2. Lumba-lumba guyana juga dikenal sebagai lumba-lumba muara.

3. Lumba-lumba ini memiliki persebaran habitat yang dapat ditemukan di perairan pantai utara dan timur Amerika Selatan dan di timur Amerika tengah.

4. Panjang lumba-lumba guyana mencapai 2,1 meter, sedikit lebih panjang dari lumba-lumba tusuxi.

5. Lumba-lumba ini memiliki warna terang ke abu-abu kebiruan di punggung dan sisinya.

6. Sirip dorsal terlihat lancip, dengan sedikit lekukan.

7. Lumba-lumba guyana dianggap sebagai spesies yang pemalu, karena pada saat ada kapal. Lumba-lumba ini terkesan menjauh.

8. Makanan utama dari spesies ini adalah ikan kecil, dan mencapai 60 spesies.

9. Kelompok lumba-lumba guyana dapat memiliki anggota mencapai 100 individu, namun seringnya hanya pada kisaran 2-10 individu.

10. Spesies ini dapat hidup dengan umur mencapai 30 tahun.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Paus Bungkuk

11. Pembunuhan bayi lumba-lumba juga pernah didokumentasikan pada spesies ini. Meski hal ini tidak umum pada spesies cetacea.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »