14 Fakta Unik Owa Putih

Owa putih

Owa Putih / Lar Gibbon (Hylobates lar)

Owa putih adalah owa yang lebih dikenal dan sering terlihat di kebun binatang. Saya rasa Anda juga akan familiar jika melihat wajah dari owa putih.

1. Owa putih diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo primata, subordo haplorhini, infraordo simiiformes, familia hylobatidae, dan genus Hylobates.

2. Ada lima subspesies dari owa putih, yaitu: H. l. lar (Owa putih malaysia), H. l. carpenteri, H. l. entelloides, H. l. vestitus (owa sumatera), dan H. l. yunnanensis. Yang terakhir kemungkinan sudah punah.

3. Warna rambut owa putih bervariasi, mulai dari coklat, hitam gelap, sampai coklat terang. Tangan dan kaki owa ini berwarna putih, serta lingkaran di wajahnya juga berwarna putih.

4. Berbeda dengan beberapa owa lain, owa ini tidak mengalami dimorfisme seksual yang cukup menonjol.

5. Owa putih merupakan hewan yang memiliki tangan panjang relatif terhadap kakinya, dengan jari-jari panjang dan melengkuk. Sangat cocok untuk habitat arboreal.

6. Spesies owa putih dapat ditemukan di Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, dan Thailand.

7. Owa putih juga sering terlihat berinteraksi dengan beberapa primata, seperti orangutan, siamang, owa rebung, lutung berwajah ungu dan kukang.

8. Di Thailand, kemungkinan jumlah owa putih adalah sekitar 15-20 ribu individu.

9. Owa putih memakan buah-buahan (50%), daun-daunan (29%), dan selebihnya adalah serangga dan bunga.

10. Karakteristik yang paling terlihat di owa putih adalah keberadaan gigi besar seperti gigi taring di rahang atas dan rahang bawah, gigi taring ini memiliki ukuran yang sama, baik pada jantan maupun betina.

Baca Juga: 8 Fakta Unik Tentang Siamang

11. Owa putih termasuk hewan yang beraktivitas disiang hari dan melakukan aktivitasnya di atas pohon.

12. Meski owa putih jarang turun ke tanah secara alami, namun jika owa putih berada di tanah, mereka akan berjalan bipedal.

13. Masa gestasi owa putih betina sekitar 6 bulan.

14. Di alam liar, owa putih dapat hidup mencapai umur 25 tahun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »