15 Fakta Unik Lumba-lumba Duski

Lumba-lumba duski

Lumba-lumba Duski / Dusky Dolphin (Lagenorhynchus obscurus)

Kalau lumba-lumba berwarna abu-abu terang mungkin kita sering melihat yah? Tapi jika lumba-lumba tersebut berwarna hitam dan putih dengan corak yang artistik seperti lumba-lumba duski. Pasti kita akan tersenyum melihatnya. Nah... dalam artikel ini kita akan membahas berbagai hal yang menarik dari lumba-lumba duski.

1. Spesies lumba-lumba duski diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas mamalia, ordo artiodactyla, infraordo cetacea, famili delphinidae, genus Lagenorhynchus.

2. Persebaran lumba-lumba duski terdapat di belahan bumi bagian selatan, seperti Selandia Baru, Amerika Selatan, dan terdapat sedikit populasi di benua Afrika Barat Daya.

3. Nama obscurus berarti gelap atau redup. Mungkin diambil dari warna spesies ini yang terlihat hitam dari atas.

4. Makanan utama spesies ini adalah cumi-cumi dan ikan kecil.

5. Orang yang memberi nama ilmiah pada spesies ini adalah Frederick W. True pada tahun 1889.

6. Spesies ini memiliki 4 subspesies, yaitu L. o. obscurus, L. o. fitroyi, L. o. posidonia, L. o. superciliosis.

7. Lumba-lumba duski termasuk lumba-lumba yang kecil jika dibandingkan dengan lumba-lumba lain dari famili Delphinidae (Oceanic Dolphin).

8. Panjang lumba-lumba duski sekitar 210 cm.

9. Berat lumba-lumba duski dapat mencapai 100 kg.

10. Sedangkan lumba-lumba duski di Selandia Baru memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek dan ringan, yaitu 178 cm dan berat 85 kg.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Lumba-lumba Berparuh Pendek

11. Hampir tidak ada dimorfisme seksual di spesies lumba-lumba duski. Meski sirip dorsal pejantan lebih melengkuk dibandingkan sirip dorsal betina.

12. Di Argentina, lumba-lumba duski berinteraksi dengan paus selatan dan singa laut amerika selatan. Sedangkan di Selandia Baru, lumba-lumba duski berinteraksi degan lumba-lumba biasa.

13. Lumba-lumba duski juga sering dimangsa oleh paus pembunuh dan hiu. Namun, lumba-lumba huski juga punya cara mengatasi hal ini, yaitu berenang ke perairan yang lebih dangkal.

14. Tidak seperti lumba-lumba hidung botol, lumba-lumba duski jantan tidak bisa memonopoli betina.

15. Lumba-lumba duski betina lebih suka lumba-lumba duski jantan yang lincah dan cepat, daripada yang kuat dan besar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »