18 Fakta Unik Tawon

Tawon

Tawon / Wasp / Subordo: Apocrita

Pernah tersengat tawon? Kalau pernah, maka nasib kita sama. Nah, sebetulnya tawon itu apa sih? Yuk mari kita mengenal tawon dengan membaca beberapa fakta unik tentang tawon berikut ini.

1. Tawon merupakan sebutan untuk semua hewan dari ordo hymenoptera kecuali semut dan lebah. Tawon yang akan kita bahas bersama itu merujuk ke subordo apocrita.

2. Semut, lebah, dan tawon membentuk klade yang monofiletik (memiliki leluhur yang sama). Namun tawon bukanlah kelompok monofiletik, melainkan parafiletik, seperti kelompok reptil tradisional yang tidak mencakup burung sebagai kelompoknya.

3. Tawon jaket kuning dan hornet merupakan tawon eusosial dari famili vespidae. Tawon ini membangun sebuah koloni yang terdiri dari ratu dan pekerja.

4. Eusosialitas sudah menjadi ciri khas hewan-hewan dari ordo hymenoptera seperti lebah, semut dan rayap. Namun kebanyakan tawon merupakan hewan soliter, betina dewasa akan hidup dan berkembang biak sendiri.

5. Tawon pertama kali muncul dalam catatan fosil yaitu pada masa jurasik.

6. Tawon sosial yang terbesar di dunia adalah hornet raksasa Asia, dengan panjang 5 cm.

7. Tawon terkecil di dunia adalah chalcid, dari famili mymaridae, dengan panjang sekitar 0,139 mm.

8. Diperkirakan lebih dari 100000 spesies tawon yang sudah dideskripsikan di seluruh dunia.

9. Semua spesies tawon sosial membangun sarang dengan menggunakan bahan utama seperti serat kayu, lumpur, resin, dan sekresi tawon itu sendiri.

10. Sebagian besar spesies tawon adalah serangga soliter. Setelah kawin, betina dewasa mencari makanan sendiri dan membangun sarang sendiri.

Baca Juga: Laba-laba Bukanlah Serangga

11. Ada beberapa spesies tawon soliter yang membangun sarang komunal, dimana setiap tawon akan memiliki selnya sendiri dan menyediakan makanan untuk anaknya sendiri.

12. Seperti semua serangga, tawon memiliki bagian tubuh utama seperti kepala, mesosoma, dan metasoma.

13. Selain mata majemuknya yang besar, tawon memiliki beberapa mata sederhana yang dikenal sebagai oselus.

14. Tawon memiliki mandibula yang diadaptasikan untuk memotong dan menggigit. Seperti belalang, namun tawon memiliki bagian belalai yang digunakan untuk meminum nektar.

15. Jenis kelamin tawon dan serangga hymenoptera lain seperti semut, ditentunkan oleh sistem haplodiploid. Tawon betina memiliki kromosom diploid, dan tawon jantan memiliki kromosom haploid. Tawon betina menetas dari telur yang dibuahi.

16. Tawon serbuk sari dari subfamili masarinae dapat mengumpulkan nektar dan serbuk sari di dalam tubuh mereka.

17. Clytus arietis merupakan spesies kumbang yang meniru penampilan dari tawon.

18. Kebanyakan tawon soliter adalah parasitoid.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »