Apakah Manusia Adalah Primata?

Apakah manusia adalah primata?

Mari kita mengenal primata terlebih dahulu, sebelum kita menentukan apakah manusia adalah primata atau bukan.

Dalam biologi, tepatnya taksonomi, primata merujuk pada ordo primates. Definisi biologis dari primata adalah hewan mamalia yang memiliki karakteristik mata menghadap ke depan, memiliki 4 jari biasa dengan satu jempol, memiliki gigi taring dan gigi geraham, dst.

Contoh hewan primata adalah tarsius, lemur, monyet dunia lama, monyet dunia baru, dan kera.

Kelompok hewan-hewan yang sudah saya sebutkan di atas memiliki karakteristik umum dari primata. Tidak terkecuali pada manusia, lihat saja tangan Anda, apakah memiliki 4 jari biasa dengan satu jempol? Pasti iya, selain itu Anda juga memiliki karakteristik umum dari mamalia, chordata, dan karakteristik umum dari animalia. Kalau lebih lanjut, nanti Anda akan memiliki karakteristik sebagai eukariota.

Maka jawaban dari pertanyaan "apakah manusia adalah primata?" adalah Ya, manusia merupakan hewan primata.

Tapi tunggu dulu, manusia kan memiliki kecerdasan yang tinggi, ditambah lagi dengan pengetahuan dan teknologi manusia yang terus berkembang. Mungkinkah manusia sudah bukan hewan lagi, namun makhluk hidup yang benar-benar berbeda? Kemungkinan tidak, kecuali kita rubah definisi hewan primata. Dan merubah definisi tidak merubah fakta yang ada.

Analogi yang tepat dari kasus semacam ini adalah seperti orang gila yang merupakan manusia, terlepas dari dia memiliki kecerdasaan rata-rata atau tidak.

Kecerdasan itu adalah karakteristik yang spesifik pada spesies kita, sama halnya dengan citah dengan kecepatan larinya. Kecepatan lari citah merupakan karakteristik yang spesifik bagi citah, itu yang membedakan citah dengan kucing lainnya. Tapi, apakah citah bisa dikatakan bukan kucing hanya karena citah memiliki kecepatan di atas rata-rata kucing? Tidak, karena citah masih memiliki karakteristik umum dari kucing.

Begitu juga dengan manusia, secerdas apapun, secantik apapun manusia, namun kita tetap memiliki kelenjar susu, kita tetap memiliki rambut, kita juga tetap memiliki tangan dengan 4 jari dan jempol. Kita memiliki karakteristik umum dari mamalia, kita memiliki karakteristik umum dari primata. Kita adalah hewan primata dan kecerdasan merupakan karakteristik spesifik dari spesies kita.

Namun, sama halnya dengan citah dan kucing domestik yang sama-sama memiliki kaki, meski kecepatan mereka sangat berbeda jauh. Manusia dan primata lain juga sama-sama memiliki otak. Pada usia-usia tertentu, manusia juga tidak lebih cerdas dari hewan lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »