Apasih Gunanya Belajar Teori Evolusi?

Apasih gunanya belajar teori evolusi?

Mungkinkah Anda pernah bertanya-tanya "kenapa saya harus mempelajari sesuatu yang tidak berguna bagi saya?" dan hal ini dijadikan alasan oleh Anda untuk tidak mempelajari teori evolusi.

Memang jika kita lihat sekilas, teori evolusi itu seperti ilmu yang sia-sia. Buat apa kita mempelajari teori ini jika nanti profesi kita bukan guru, dosen, atau berprofesi di bidang biologi, zoologi, dan lainnya yang berhubungan dengan evolusi.

Pendapat saya di atas juga berlaku pada bidang-bidang ilmu yang lain. Jika ilmu tersebut tidak berguna bagi Anda, ya buat apa Anda mempelajarinya.

Namun, sebagai salah satu teori ilmiah dalam biologi. Teori evolusi memiliki keakuratan yang tinggi dalam menjelaskan berbagai hal tentang keanekaragaman makhluk hidup.

Planet bumi ini diisi oleh berbagai spesies makhluk hidup seperti spesies-spesies dari domain bakteria, dari domain archaea, dan spesies-spesies yang dapat kita lihat secara langsung dari kingdom animalia, kingdom plantae, dan kingdom fungi. Sungguh beranekaragam bukan?

Spesies-spesies ini juga dapat diklasifikasikan kedalam sistem hierarkis. Dimana spesies yang memiliki kemiripan karakteristik akan diklasifikasikan kedalam tingkatan tertentu. Dan semakin tinggi tingkatan taksonnya maka semakin umum ciri-cirinya, juga semakin banyak anggotanya.

Dari zaman dulu, banyak ilmuwan yang sudah memikirkan hal tersebut. Baru setelah Charles Darwin menerbitkan buku "On the origin of species" pada tahun 1859, mulailah terjadi perkembangan dalam teori evolusi sampai saat ini, saat dimana kita tahu bahwa simpanse dan manusia berbagi +95% kemiripan DNA.

Jika Anda ingin jawaban ilmiah mengenai kenapa manusia berbagi genom yang sama dengan simpanse? Kenapa manusia memiliki karakteristik sebagai hewan, sebagai kera? Kenapa manusia sedemikian beragamnya? Maka belajar teori evolusi adalah salah satu pilihan yang tepat.

Bukanlah sia-sia jika Anda tahu hal apa saja yang membuat Anda diklasifikasikan sebagai kera besar. Juga tidak sia-sia jika Anda tahu bagaimana proses yang melatar belakangi terjadinya keanekaragaman makhluk hidup.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »