Haruskah Kita Memiliki Harapan?

Haruskah kita memiliki harapan?

Biasanya seorang motivator akan memotivasi orang-orang dengan kata-kata manis. Si orang yang termotivasi ini jadi semakin yakin bahwa suatu saat harapannya akan terkabul. Lalu dengan semangat membara, si orang ini melakukan semua hal agar harapannya terkabul, lebih parah jika si orang ini akan melakukan apa saja yang dikatakan oleh motivator demi harapannya. Semisal "beli buku ini, buku ini berisi 1000 motivasi untuk mengejar impian dan cita-cita, sekarang juga", jelas inisih modus.

Berharap itu penting, tapi harus realistis

Ya, memiliki harapan itu penting, tapi kita harus memikirkan apakah harapan ini nanti bisa direalisasikan atau tidak. Karena jika harapan kita terlalu mengada-ngada. Karena tidak pernah kunjung terealisasikan, akhirnya kita putus asa dan yang terparah, mencoba bunuh diri. Bahkan harapan-harapan kecil yang terlihat mudah saja tidak selalu bisa terealisasikan.

Contoh harapan yang realistis itu semisal, ada seorang pria tampan yang ingin memiliki pacar yang cantik, ada seorang ilmuwan yang ingin mendapatkan nobel, ada seorang ibu yang ingin anaknya sukses.

Sedangkan harapan yang tidak realistis itu seperti ada pria jelek (miskin pula) yang ingin pacar cantik, ada siswa yang tidak pernah belajar, tapi ingin bisa dapat nilai tertinggi, dan sebagainya.

Sebenarnya realistis atau tidaknya juga tergantung Anda sendiri. Berpikirlah dahulu siapakah Anda, apakah Anda layak berharap begini begitu.

Berharap itu boleh, tapi harus ada usaha

Berharap ingin dapat pacar cantik, tapi diri sendiri hanya nonton sinetron, dan berdiam diri dirumah. Ya jelas tidak terkabulkan. Berharap dapat nilai tertinggi, tapi jarang belajar. Ingat, tidak ada sesuatu yang Anda dapat secara cuma-cuma, haru ada perjuangan. Kecuali memang kalau Anda memiliki kelebihan tertentu, seperti memiliki ketampanan, memiliki kekayaan, atau kelebihan lainnya. Mungkin hanya langsung dilakukan, bukan lagi sekedar berharap.

Jangan terlalu percaya hanya karena diberi suatu harapan

Mentang-mentang ada orang yang mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan ini atau itu jika Anda membeli barangnya, lalu Anda akhirnya membeli barang darinya tanpa pikir panjang. Akhirnya Anda tertipu.

Dalam hal-hal lainnya malah lebih parah. Ada orang yang memaksakan sesuatu agar dilakukan oleh orang lain, dengan memberi sebuah harapan pada orang lain tersebut sebagai imbalan jika orang lain tersebut melakukan apa yang diperintahkan orang yang maksa tersebut.

Intinya, jangan menaruh harapan kepada hal-hal tidak pasti atau bahkan terlalu imajinatif untuk disebut sebagai harapan.

Gunanya memiliki harapan itu apa?

Setidaknya hidup kita memiliki tujuan, dan jika harapan kita memiliki efek positif bagi lingkungan sekitar (ingin jadi ketua RT yang baik), maka pasti akan berdampak besar pada masyarakat.

Jadi, kita memang harus memiliki harapan, namun harus realistis, harus dengan usaha, dan jangan terjebak pada harapan itu sendiri, lalu yang terpenting. Yaitu berguna bagi lingkungan kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »