Karakteristik dan Daftar Spesies Kera Besar

Hominidae

Kera besar atau hominid merupakan sebutan untuk semua spesies dalam famili hominidae, misalnya orangutan, gorila, simpanse dan termasuk juga dengan kita (manusia).

Karakteristik Kera Besar

  • Tidak memiliki ekor eksternal
  • Pejantan memiliki tubuh yang rata-rata lebih besar dan kuat dari betina
  • Dapat menggunakan tangan untuk membuat alat, mengumpulkan bahan makanan dan bersarang.
  • Kebanyakan spesies adalah omnivora
  • Rumus gigi: 2.1.2.3 / 2.1.2.3
  • Masa gestasi/kehamilan sekitar 8-9 bulan
  • Anak yang baru dilahirkan sangat lemah, jika dibanding mamalia lain
Hominidae

Daftar Spesies Kera Besar

Famili hominidae mencakup 8 spesies dalam 4 genus.

Genus:

  1. Pongo
  2. Gorilla
  3. Pan
  4. Homo

Genus Pongo

Pongo pygmaeus (Orangutan Kalimantan/Bornean Orangutan)
Spesies asli dari pulau Kalimantan. Orangutan borneo merupakan primata terberat ketiga setelah dua spesies gorila. Selain itu, orangutan borneo juga memiliki jumlah individu sekitar 61.234. Jumlah ini jauh lebih banyak daripada jumlah spesies orangutan lainnya.
Lihat: 9 Fakta Unik Tentang Orangutan Borneo

Pongo abelii (Orangutan Sumatera/Sumatran Orangutan)
Salah satu spesies endemik pulau Sumatera. Namun sayangnya jumlah total individu spesies ini lebih sedikit dari kerabatnya di kalimantan, yaitu sekitar 6.667. Persebaran habitat spesies ini hanya terdapat di sumatera utara. Jika dibandingkan dengan orangutan borneo, maka orangutan sumatera terlihat lebih kurus dengan wajah yang lebih panjang.
Lihat: 8 Fakta Unik Tentang Orangutan Sumatera

Pongo tapanuliensis (Orangutan Tapanuli/Tapanuli Orangutan)
Spesies yang baru diindentifikasikan pada tahun 2017. Orangutan tapanuli memiliki persebaran di Tapanuli selatan. Meski sama-sama berada di pulau sumatera, spesies orangutan tapanuli berbagi nenek moyang bersama dengan orangutan sumatera sekitar 3,4 juta tahun yang lalu. Dan berbagi nenek moyang bersama dengan orangutan borneo sekitar 674.000 tahun yang lalu. Hal ini menunjukkan bahwa orangutan tapanuli lebih berkerabat dengan orangutan borneo.
Lihat: 6 Fakta Unik Tentang Orangutan Tapanuli

Genus Gorilla

Gorilla gorilla (Gorila Barat/Western Gorilla)
Gorila barat merupakan spesies asli afrika, yang memiliki total individu lebih banyak daripada gorila timur, yaitu sekitar 200.000 individu. Gorila barat juga memiliki warna rambut lebih terang dari gorila timur.
Lihat: 7 Fakta Unik Tentang Gorila Barat

Gorilla beringei (Gorila Timur/Eastern Gorilla)
Merupakan spesies primata terbesar di dunia yang masih hidup. Berat gorila timur yaitu sekitar 140-205,5 kg. Dengan tinggi saat berdiri tegak yaitu sekitar 1,7 meter. Namun dalam hal jumlah individu, gorila ini masih kalah dengan gorila barat. Gorila timur hanya memiliki jumlah yang tersisa sekitar 6000 individu.
Lihat: 7 Fakta Unik Tentang Gorila Timur

Genus Pan

Pan troglodytes (Simpanse/Chimpanzee)
Bersama dengan bonobo, mereka adalah kerabat terdekat kita (manusia). Simpanse umum/biasa adalah simpanse yang lebih banyak jumlah populasinya, dan lebih besar dibandingkan bonobo. Simpanse umum memiliki bobot 40-65 kg.
Lihat: 9 Fakta Unik Tentang Simpanse

Pan paniscus (Bonobo/Bonobo)
Hal unik yang terkenal dari bonobo adalah selalu melakukan seks untuk menyelesaikan konflik. Mereka mungkin bisa disebut "hypersex". Selain itu, homoseksualitas dan pedofilia juga sering terdokumentasikan dalam spesies ini.
Lihat: 9 Fakta Unik Tentang Bonobo

Genus Homo

Homo sapiens (Manusia/Human)
Salah satu kera besar dengan kecerdasaan tertinggi diantara seluruh spesies hewan. Pengetahuan dan teknologi dari spesies ini sudah cukup canggih dan terus berkembang pesat sampai saat ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »