Perbedaan Gorila Timur dan Gorila Barat

Gorila Barat

"Hewan primata apa yang terbesar?" Pasti Anda akan menjawab gorila. Namun ternyata tidak sesederhana itu, karena gorila adalah nama untuk genus, dan genus gorila mencakup dua spesies. Yaitu gorila barat dan gorila timur, kalau Anda ditanya lagi "gorila timur atau gorila barat, yang terbesar?" Kemungkinan Anda akan bingung dan menjawab "Ya pokoknya gorila". Disini kita akan membahas perbedaan antar keduanya.

Perbandingan Taxonomi

Gorila TimurGorila Barat
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Primata Primata
Familia Hominidae Hominidae
Genus Gorilla Gorilla
Spesies G. beringei G. gorilla

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Gorila Timur
Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Gorila Barat

Jumlah Individu
Jumlah individu antar gorila barat dan gorila timur ternyata sangat berbeda jauh. Jumlah gorila barat mencapai 200000 individu, sedangkan jumlah gorila timur hanya sekitar 6000 individu.

Warna Rambut
Gorila barat memiliki rambut yang lebih terang jika dibandingkan dengan gorila timur.

Ukuran Tubuh
Gorila timur memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih berat daripada gorila barat. Inilah primata terbesar pertama (gorila timur) yang masih hidup. Sebagai perbandingan, gorila timur memiliki berat 140-205,5 kg dengan tinggi 170 cm. Sedangkan gorila barat hanya memiliki berat 157 kg dengan tinggi rata-rata 155 cm.

Ukuran Kelompok
Ternyata meski jumlah individu gorila timur secara keseluruhan lebih sedikit. Namun dalam tiap kawanan, gorila timur memiliki anggota yang lebih banyak, yaitu sekitar 35 individu lebih. Sedangkan, gorila barat hanya memiliki 20 individu pada tiap kawanan.

Evolusi
Kedua spesies terpisah sejak 300 juta tahun yang lalu.

Subspesies
Gorila timur memiliki 2 subspesies, yaitu: G. b. beringei dan G. b. graueri. Sedangkan gorila barat juga memiliki dua subspesies, yaitu: G. g. gorilla dan G. g. diehli.

Persebaran Habitat
Habitat gorila barat tersebar di negara-negara seperti Kamerun, Republik Afrika Tengah, Guinea, Gabon, Republik Kongo. Sedangkan bonobo hanya tersebar di negara Republik Demokrasi Kongo bagian timur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »