Perbedaan Hyena Tutul dan Hyena Bergaris

Perbedaan Hyena Tutul dan Hyena Bergaris

Dalam taksonomi, istilah hyena itu merujuk ke famili hyaenidae. Dalam famili hyaenidae mencakup 4 spesies hewan, diantarnya adalah hyena tutul dan hyena bergaris. Kalau kita lihat sekilas, mungkin Anda langsung lihat perbedaannya, namun kita lihat lebih detail sebagai berikut.

Perbandingan Taxonomi

Hyena BergarisHyena Tutul
Kingdom Animalia Animalia
Filum Chordata Chordata
Kelas Mamalia Mamalia
Ordo Carnivora Carnivora
Familia Hyaenidae Hyaenidae
Genus Hyaena Crocuta
Spesies H. hyaena C. crocuta

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

Baca Juga: Perbedaan Paus Bungkuk dan Paus Biru

Bentuk Wajah
Hyaena tutul memiliki wajah yang mirip dengan beruang dengan telinga yang bulat. Sedangkan hyaena bergaris memiliki wajah yang mirip serigala dengan telinga yang lancip.

Pola Pada Tubuh
Seperti namanya, hyena tutul memiliki tubuh dengan corak tutul yang khas. Sedangkan hyena bergaris memiliki bulu dengan corak garis-garis, mirip harimau.

Panjang Tubuh
Panjang hyena tutul dewasa yaitu sekitar 95-165 cm. Sedangkan hyena bergaris hanya memiliki panjang sekitar 85-130 cm.

Berat
Hyena bergaris memiliki berat sekitar 22-55 kg. Berbeda dengan hyena tutul yang memang lebih besar, yaitu sekitar 44-63 kg.

Pasangan
Hyena bergaris merupakan hewan monogami, yang hanya memiliki satu pasangan. Sedangkan hyena tutul termasuk hewan yang bebas dalam berganti-ganti pasangan.

Kelompok
Kelompok hyena tutul memiliki anggota yang lebih besar, bahkan lebih besar dari kelompok mamalia karnivora manapun. Jumlah anggota kelompok hyena tutul kurang lebih sekitar 80 ekor. Sedangkan hyena bergaris biasnya ditemukan hanya 2 ekor dan kadang 7 ekor di Libya.

Betina
Betina hyena tutul memiliki pseudopenis, sedangkan betina hyena bergaris tidak memiliki klitoris yang membesar seperti hyena tutul.

Masa kehamilan
Masa kehamilan hyena tutul yaitu sekitar 110 hari, sedangkan hyena bergaris hanya sekitar 90-91 hari.

Anak
Anak hyena tutul yang baru lahir, langsung dapat melihat dengan mata terbuka. Sedangkan hyena bergaris menunggu waktu satu minggu bagi anaknya yang baru lahir untuk melihat.

Persebaran Habitat
Hyena bergaris memiliki habitat yang tersebar di Timur Tengah dan Asia Tengah. Sedangkan Hyena tutul memiliki habitat yang tersebar di negara-negara eropa bagian selatan.

Musuh Alami
Musuh alami hyena bergaris adalah serigala abu-abu. Sedangkan musuh alami hyena tutul adalal singa, hal ini terjadi karena niche ekologis yang mereka tempati memiliki kesamaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »