13 Fakta Unik Ikan Salmon

Fakta unik ikan salmon

Ikan Salmon / Salmon / Subfamili: Salmoninae

Salmon merupakan nama umum dari beberapa spesies ikan bersirip kipas dari keluarga salmonidae. Yang jelas, ikan ini merupakan ikan yang identik dengan beruang. Dimana ada ikan salmon, disitu pasti ada beruang yang sedang mencari mangsa.

1. Ikan salmon diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, kelas actinopterygii, ordo salmoniformes, dan famili salmonidae.

2. Ikan salmon berasal dari Atlantik Utara (genus Salmo) dan Samudera Pasifik (genus Oncorhynchus).

3. Banyak spesies salmon telah diperkenalkan ke lingkungan non-pribumi seperti Great Lakes dari Amerika Utara dan Patagonia di Amerika Selatan.

4. Salmon merupakan hewan anadromous, mereka menetas di air tawar, bermigrasi ke laut, kemudian kembali ke air tawar untuk bereproduksi.

5. Istilah "salmon" berasal dari bahasa latin salmo, yang pada gilirannya mungkin berasal dari salire, yang berarti "melompat".

6. Hanya 10% telur salmon yang menetas dan bertahan hidup sampai dewasa.

7. Ikan salmon menghabiskan sekitar satu hingga lima tahun (tergantung pada spesies) di laut terbuka, dimana mereka secara bertahap menjadi dewasa secara seksual.

8. Salmon dapat melakukan perjalanan yang menakjubkan. Ikan ini dapat bergerak ratusan mil ke hulu melawan arus dan jeram yang kuat untuk bereproduksi.

9. Aliran air tawar dan muara menyediakan habitat penting bagi banyak spesies ikan salmon.

10. Ikan salmon memakan serangga terestrial, serangga akuatik, amphipoda, dan krustasea.

Baca Juga: 26 Fakta Unik Buaya Nil

11. Di Pasifik Barat Laut dan Alaska, salmon merupakan spesies kunci di ekosistem daerah tersebut. Juga merupakan mangsa dari burung, beruang dan berang-berang.

12. Henneguya salminicola merupakan parasit yang umumnya terdapat di ikan salmon.

13. Populasi salmon liar menurun tajam dalam beberapa dekade terakhir.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »