16 Fakta Unik Hewan Tetrapoda

Fakta unik hewan tetrapoda

Tetrapoda / Tetrapods / Superklas: Tetrapoda

Tahukah Anda mengenai hewan tetrapoda? Pastinya tahu, karena Anda sendiri juga merupakan hewan tetrapoda.

1. Hewan tetrapoda diklasifikasikan kedalam kingdom animalia, filum chordata, infraphylum gnathostomata, klade eugnathostomata, dan klade teleostomi.

2. Tetrapoda mencakup semua hewan yang memiliki 4 tungai, beserta semua keturunannya. Seperti amfibi, reptil, mamalia, dan burung.

3. Hewan tetrapoda merupakan keturunan dari tetrapodomorpha, yang pada akhirnya merupakan keturunan dari ikan bersirip lobus purba (yang hidup sekitar 390 juta tahun yang lalu).

4. Tetrapoda pertama merupakan hewan aquatik, sedangkan tetrapoda modern seperti amfibi, merupakan hewan semiaquatik.

5. Kelompok hewan tetrapoda yang paling mendominasi daratan adalah amniota, yang anggotanya terdiri dari reptil, mamalia, dan burung.

6. Evolusi dari ikan bersirip lobus sampai tetrapoda terestrial merupakan peristiwa besar dalam sejarah.

7. Beberapa kelompok tetrapoda seperti caecilian, ular, cetacea, sirene, dan moa telah kehilangan beberapa tungkai mereka. Namun, beberapa kelompok masih memiliki organ vestigial.

8. Beberapa tetrapoda juga telah kembali beradaptasi untuk hidup di laut. Seperti cetacea, pinnipeds, sirene, ular laut, penyu dan penguin.

9. Ilmuwan menggunakan istilah "stem-tetrapod" untuk merujuk pada vertebrata yang memiliki 4 tungkai, yang bukan kelompok mahkota (amfibi, reptil, burung, dan mamalia).

10. Ada dua subklade dari tetrapoda, yaitu batrachomorpha, yang mencakup semua amfibi modern beserta kerabat dekatnya. Dan reptiliomorpha, yang mencakup semua amniota modern beserta kerabatnya, seperti reptil, burung, dan mamalia.

Baca Juga: 16 Fakta Unik Aardwolf

11. Jumlah total dari semua spesies tetrapoda yang masih hidup (amfibi, sauropoda, dan mamalia) yaitu sekitar 33.278.

12. Sejak awal abad ke-20, beberapa keluarga ikan tetrapodomorpha telah diusulkan sebagai kerabat terdekat tetrapoda, diantaranya adalah rhizodont, osteolepidid, tristichopterids, dan terutama genus Tiktaalik.

13. Bukti tertua keberadaan tetrapoda berasal dari jejak fosil, jejak kaki, dan jejak yang ditemukan di Zachelmie, Polandia, sekitar 390 juta tahun yang lalu.

14. Selama karbon awal, jumlah jari tangan tetrapoda menjadi tidak lebih dari 5.

15. Amfibi dan amniote juga dipengaruhi oleh Carboniferous Rainforest Collapse, yaitu sebuah peristiwa kepunahan yang terjadi sekitar 300 juta tahun yang lalu.

16. Tetrapoda merupakan hewan yang paling dipahami sejak awal. Pada masa Aristoteles, pembagian dasar antara mamalia, burung, dan tetrapoda lainnya telah diketahui dengan baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »