Bagaimana Cara Mencari Informasi Dengan Benar?

Bagaimana cara mencari informasi dengan benar?

Dalam era modern ini, banyak sekali informasi-informasi yang mulai tersebar luas. Tentunya kita dapat dengan mudah menemukannya di internet. Kita bisa mencari topik apa saya saja yang membuat kita penasaran dan ingin mempelajarinya.

Silahkan cari kata "Bagaimana cara merawat kucing?" pasti akan muncul beribu-ribu artikel dari berbagai situs, blog, sosial media dan forum.

Sangat simple bukan? Semua jawaban bisa kita dapat hanya dengan mengetikkan sebuah kalimat. Mulai dari tutorial cara berbisni, cara bermain game, cara menginstal, cara fittnes yang benar, dan berbagai cara lainnya. Mulai dari yang serius sampai yang bercandaan juga bisa Anda temukan.

Tapi tunggu.

Informasi seperti di atas memiliki nilai kebenaran tersendiri, dan hal-hal yang sudah saya sebutkan kemungkinan memiliki nilai kebenaran 90%, karena kita bisa mengujinya. Apalagi tutorial seperti instalansi aplikasi, pasti langsung terjawab, asal kita mencari tutorialnya yang sesuai dengan apa yang kita instal. Paling kesalahannya hanya miskomunikasi atau kurang di update.

Namun berbeda lagi jika Anda mencari keyword-keyword seperti "Bukti bumi berbentuk datar", dan Anda adalah seorang yang percaya bahwa bumi berbentuk datar. Maka artikel-artikel yang akan Anda baca, pasti yang enak menurut Anda. Anda melakukan "Selective Thinking" dalam mencari hal-hal yang Anda ingin tahu. Kemungkinan Anda tidak ingin tahu, tapi ingin percaya dan menambah kepercayaan Anda.

Bagaimana cara mengatasi hal-hal seperti di atas? Caranya mudah, Anda tinggal mencari kebalikan dari pendapat tersebut. Misal dengan mencari "Bukti bumi berbentuk bulat", dan Anda coba pahami bukti-buktinya.

Namun ada satu hal yang perlu Anda ketahui, jika Anda ingin mencari pengetahuan. Ya, khususnya pengetahuan tentang hal-hal di alam semesta ini seperti pengetahuan bagaimana alam semesta bermula, pengetahuan bagaimana kehidupan dapat terbentuk di bumi, dan pengetahuan bagaimana kehidupan dapat beraneka ragam.

Usahakan cari pengetahuan yang objektif.

Seperti teori evolusi misal. Teori ini menjelaskan bagaimana keanekaragaman di bumi dapat terbentuk. Kita nanti akan mengenal konsep seleksi alam, seleksi seksual, genetik, dan terutama taksonomi. Kalau Anda suka terhadap hewan-hewan, sebaiknya Anda pelajari taksonomi.

Intinya, pelajari sesuatu yang sesuai dengan bidangnya dan apa yang Anda butuhkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »